Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tren Infeksi Menurun, Thailand Cabut Jam Malam Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 12 Juni 2020, 14:41 WIB
Tren Infeksi Menurun, Thailand Cabut Jam Malam Pekan Depan
Situasi Pasar Sampheng di Thailand saat pandemik Covid-19/Reuters
RMOL. Mulai pekan depan, pemerintah Thailand akan mencabut jam malam nasional dan melonggarkan banyak pembatasan sosial yang berfungsi untuk menghentikan penyebaran virus corona baru di sana.

Langkah tersebut mantap diambil oleh Thailand setelah 18 hari melaporkan nol transmisi Covid-19. Bahkan kemarin, Kamis (11/6), Thailand juga melaporkan nol kasus baru dan nol kematian baru.

"Jam malam akan dicabut secara efektif pada 15 Juni seiring dengan pelonggaran beberapa kegiatan," ujar jurubicara Pusat Administrasi Situasi Covid-19, Taweesin Wisanuyothin, kepada wartawan pada Jumat (12/6).

Pelonggaran pembatasan yang dimaksud Taweesin di antaranya adalah dengan membuka sekolah, ruang pameran, konser musik, produksi film, taman bermain, taman hiburan, hingga kompetisi olahraga.

Meski begitu, pub, bar, dan karaoke akan tetap ditutup.

Melansir CNA, pemerintah Thailand juga berencana untuk membuka gelembung perjalanan dengan negara-negara yang berhasil mengendalikan wabah Covid-19.

Negara-negara tersebut di antaranya seperti China, Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Laos, Myanmar, Kamboja, dan negara-negara di Timur Tengah.

"Kelompok sasaran adalah pelancong bisnis dan juga mereka yang menginginkan layanan dan perawatan medis di Thailand," sambung Taweesin tanpa memberikan tanggal pasti terkait pemberlakuan gelembung perjalanan tersebut.

Hingga saat ini, Thailand memiliki 3.129 kasus Covid-19 dengan 58 orang di antaranya sudah meninggal dunia. Selain itu, sebanyak 2.987 pasien juga sudah sembuh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA