Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden: Mereka Akan Kawal Trump Turun Dari Gedung Putih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Juni 2020, 16:02 WIB
Biden: Mereka Akan Kawal Trump Turun Dari Gedung Putih
Calon presiden dari Demokrat Joe Biden/Net
rmol news logo Donald Trump pernah mengatakan dalam brieging hariannya, bahwa dia mencurigai Demokrat akan berlaku curang pada pemilihan Nopember mendatang. Joe Biden mengatakan, justru ia sangat khawatir bahwa justru Trump lah yang menciptakan kecurangan itu.

"Ini adalah kekhawatiran terbesar saya, satu-satunya kekhawatiran terbesar saya, Presiden ini akan mencoba untuk mencuri pemilihan ini," kata Biden dalam sebuah wawancara, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (12/6).

Biden tidak merinci bagaimana Trump bertindak curang. Biden mengutip penolakan Trump terhadap pemungutan suara melalui surat dan mengatakan Demokrat akan meminta pengacara hadir di lokasi pemungutan suara di seluruh negeri untuk melihat upaya Republik untuk menekan pemungutan suara.

Pemilihan Presiden Amerika Serikat tinggal beberapa bulan lagi. Persiapan kedua calon semakin ketat. Di antara persiapan itu, warga melihat baik Donald Trump maupun Joe Biden saling mengumbarkan argumennya.

Biden kemudian mengatakan, militer AS bisa mengawal Donald Trump turun jika dia menolak kekalahan dalam pemilu. Ia mengakui telah memikirkan dan juga mempertimbangkan kemungkinan terburuk jika Trump menolak meninggalkan Gedung Putih jika dia kalah.

Trump yang kontroversional memiliki catatan sejarah dalam menyebarkan teori konspirasi tentang kecurangan pemilu. Biden masih sangat ingat peristiwa pemilu Georgia yang gagal, di mana terjadi masalah dengan mesin pemungutan suara dan masalah-masalah lain yang menyebabkan pemilih menunggu berjam-jam di beberapa tempat pemungutan di daerah-daerah yang didominasi warga kulit hitam.

Tapi tim kampanye Trump mengatakan pernyataan Biden juga adalah teori konspirasi. Tim Murtaugh, direktur komunikasi untuk kampanye pemilu Trump, mengatakan, "Ini hanyalah teori konspirasi tak berperasaan dari Joe Biden karena ia terus berusaha merusak kepercayaan pada pemilihan kami," katanya.

"Presiden Trump sudah jelas bahwa dia akan menerima hasil pemilihan 2020," tambah Murtaugh.

Senada dengan Murtaugh, Sekretaris pers Gedung Putih, Kayleigh McEnany menyebut pernyataan Biden adalah pernyataan konyol.

Sementara, Biden menanggapi dengan santai kritikan itu. Ia malah mengingatkan pada komentar mantan pejabat senior militer yang mengkritik Trump saat menanggapi aksi protes kemarin.

"Saya benar-benar yakin mereka akan mengawalnya turun dari Gedung Putih," kata Biden santai.

Dalam jajak pendapat terakhir, baru-baru ini, Biden memimpin dari Trump. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA