Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beberapa Negara Bagian Di AS Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Picu Kekhawatiran Gelombang Kedua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Juni 2020, 11:21 WIB
Beberapa Negara Bagian Di AS Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Picu Kekhawatiran Gelombang Kedua
Ilustrasi petugas membawa pasien Covid-19/Net
rmol news logo Lonjakan angka kasus di beberapa negara Amerika Serikat semakin mengkhawatirkan. Itu membuat rumah sakit di kota-kota besar nyaris tidak bisa menampung pasien lagi. Rumah sakit di Texas misalnya, mengalami penambahan jumlah pasien yang mencapai rekor selama tiga hari berturut-turut, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/6).

Sejumlah negara bagian seperti Arizona, Utah, dan New Mexico, telah mengalami kenaikan kasus baru Covid-19 sebanyak 40 persen atau lebih pada pekan lalu.  

Sedangkan di Florida, Arkansas, Carolina Selatan, dan Carolina Utara, jumlah kasus baru Covid-19 bertambah sekitar 30 persen.

Hingga saat ini, jumlah pasien di rumah sakit di Arizona juga terus bertambah mencapai 1.291 orang. Direktur kesehatan Arizona mengatakan rumah sakit harus mulai mengaktifkan rencana darurat.

Salah satunya adalah soal penambahan kapasitas tempat tidur ICU. Saat ini, sekitar 75 persen tempat tidur ICU di rumah sakit di Arizona terisi.

Epidemiologis di University of Washington, Jared Baeten, menyoroti angka kasus di Arizona yang semakin meninggi dalam pekan terakhir.

“Pasien Covid-19 di Arizona mulai melewati batas," kata Baeten.

Rumah sakit di Carolina utara pun hanya memiliki sisa 13 persen tempat tidur ICU karena jumlah pasien Covid-19 yang terus bertambah.

Penambahan angka kasus di beberapa negara bagian ini menimbulkan kekhawatiran terhadap rencana AS yang akan membuka kembali semua aktivitasnya pada pertengahan Juni ini.

Bahkan, aksi beli saham global mengalami kejatuhan pada Kamis karena adanya kekhawatiran pandemi Covid-19 kembali muncul.

“Ini akan berbahaya jika jumlah kasus baru mulai naik di wilayah yang telah mengalami tren penurunan kasus baru Covid-19,” kata Baeten. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA