Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilot Pesawat Tempur Wanita AS Pertama Yang Terbangkan Pesawat Siluman F-35A

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Juni 2020, 13:01 WIB
Pilot Pesawat Tempur Wanita AS Pertama Yang Terbangkan Pesawat Siluman F-35A
Kapten Emily Thompson/Net
rmol news logo Angkatan Udara AS mengumumkan bahwa sekarang mereka telah memiliki pilot perempuan untuk pesawat tempur siluman F-35A.

Kapten Emily Thompson menjadi pilot pesawat tempur wanita pertama yang menerbangkan pesawat siluman F-35A ke dalam pertempuran, setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Al Dhafra di UEA menuju lokasi yang dirahasiakan di Timur Tengah.

Pernyataan itu disiarkan oleh Komando Pusat Angkatan Udara AS pada selasa, seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (13/6).

Pernyataan itu juga sekaligus mencatat bahwa Thompson memiliki awak pemeliharaan yang semuanya perempuan untuk meluncurkan penerbangan bersejarahnya.

“Ini adalah penyebaran pertama saya. Ini tantangan besar, serangan tempur pertama bagi saya. Tentu saja menjadi wanita pertama itu adalah kehormatan yang cukup besar," kata Thompson dalam sebuah wawancara dengan situs resmi Angkatan Udara AS. Dia menekankan bahwa meskipun dia merasa terhormat ia menyadari bahwa telah banyak perempuan yang muncul sebelum drinya.

“Ada banyak wanita yang datang sebelum saya,” katanya merendah.
Thompson umumnya dikenal sebagai "Banzai" di sekitar teman-temannya di Angkatan Udara. Awalnya dia ingin menjadi insinyur, tetapi begitu dia mendapat kesempatan untuk menerbangkan pesawat, alih-alih hanya memperbaikinya dia malah mengubah jalurnya.

Dia melatih F-16 Fighting Falcons selama pelatihan di perguruan tinggi, kemudian terbang dengan F-16 selama satu setengah tahun sebelum pindah ke model F-35A.

“Saya pikir ini adalah masa depan yang cerah," kata Thompson. "Beberapa dari kita sudah menerbangkan F-35 dan saya pikir jumlahnya akan terus bertambah. Ini komunitas yang sangat mendukung, dan peluang bagi wanita untuk benar-benar unggul dalam F-35 sudah pasti ada,” ujar Thompson.
Thompson memiliki pesan untuk generasi muda agar selalu berpikir positif dan terus bekerja keras.

"Tetaplah positif, bekerja keras, dan Anda dapat mencapai apa pun yang Anda pikirkan, Anda dapat menyelesaikannya," ujarnya.

Ashlin Randolph, seorang anggota awak muatan senjata yang merupakan salah satu dari empat awak yang bertugas yang mengirim Thompson dalam penerbangan bersejarahnya, mengatakan, “Ini peristiwa yang bagus.”

"Saya pasti akan mengatakan percaya diri dan jangan pernah biarkan orang mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak dapat melakukan sesuatu karena Anda bisa," tambah Randolph. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA