Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NASA Tunjuk Kathy Lueders Sebagai Wanita Pertama Yang Pimpin Pesawat Ruang Angkasa Human Spaceflight

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Juni 2020, 20:09 WIB
NASA Tunjuk Kathy Lueders Sebagai Wanita Pertama Yang Pimpin Pesawat Ruang Angkasa Human Spaceflight
Kathy Lueders/Net
rmol news logo Dua minggu setelah suksesnya peluncuran dua astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Kepala NASA Jim Bridenstine pada hari Jumat mengumumkan ia telah menunjuk Kathy Lueders untuk memimpin semua upaya Human Spaceflight, termasuk mendaratkan astronot di bulan pada  2024.

Itu berarti Kathy Lueders adalah wanita pertama yang memimpin penerbangan misi luar angkasa berawak NASA.

Lueders sebelumnya adalah pejabat NASA yang mengawasi peluncuran astronot SpaceX pertama bulan lalu.

Kathy Lueders akan segera menerima jabatan itu bersama wakilnya, Steve Stich, yang akan mengambil alih manajemen Program Kru Komersial. Sementara mantan komandan pesawat ulang-alik Ken Bowersox, penjabat kepala Direktorat Misi Operasi dan Operasi Manusia NASA, akan melanjutkan perannya sebagai wakil administrator asosiasi.

"Kathy memberi kita pengalaman dan semangat luar biasa yang kita butuhkan untuk terus bergerak maju bersama Artemis dan tujuan kita untuk mendaratkan wanita pertama dan pria berikutnya di Bulan pada tahun 2024," kata Bridenstine, seperti dikutip dari CBS, Sabtu (13/6).

Dia mengatakan Lueders adalah orang yang tepat untuk tugas itu.

Penunjukan Lueders sebagai administrator rekan HEO adalah pengembangan terbaru dalam tahun yang penuh gejolak untuk Direktorat Eksplorasi dan Operasi Manusia. Direktorat ini ditugasi melaksanakan percepatan administrasi Trump untuk mendaratkan astronot di bulan pada akhir 2024.

Lueders bergabung dengan NASA pada 1992. Setelah bertugas di fasilitas pengujian White Sands, New Mexico, ia pindah ke program Stasiun Luar Angkasa Internasional dan akhirnya memimpin inisiatif penyediaan komersial NASA.

"Ini adalah saat yang kritis untuk agensi dan untuk HEO," kata Bridenstine. “Kita masih perlu membawa Doug dan Bob pulang dengan selamat dan kita tidak akan kehilangan fokus. Kami memiliki pemandangan di bulan dan bahkan lebih jauh ke luar angkasa, dan Kathy akan membantu membawa kami ke sana," tutup Bridenstine. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA