Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pedoman Untuk Kehidupan Normal Baru Yang Dikeluarkan AS, Termasuk Membawa Sendiri Makanan Untuk Pesta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 15 Juni 2020, 12:01 WIB
Pedoman Untuk Kehidupan Normal Baru Yang Dikeluarkan AS, Termasuk Membawa Sendiri Makanan Untuk Pesta
Ilustrasi jaga jarak saat piknik di taman/Net
rmol news logo Beberapa negara telah menetapkan panduan untuk kehidupan normal baru seiring dengan diberlakukannya pelonggaran pembatasan. Amerikat Serikat telah menyiapkan konsep panduan seperti tidak menggunakan lift dan membawa sendiri makanan dan minuman ke acara pesta.
 
Terdengar tidak efisien, tetapi itulah yang harus dihadapi masyarakat saat ini demi untuk menjaga agar virus corona tidak berkembang lagi.

Konsep lainnya adalah menggunakan pembersih tangan setelah melakukan transaksi di ATM, menghubungi restoran dan salon terlebih dahulu untuk memastikan staf mereka memakai masker, tidak melakukan jabat tangan, tos, ataupun salam siku, juga eskalator yang berjarak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengunggah pedoman tersebut pada hari Jumat (12/6) berbarengan dengan pedoman kedua untuk mengatur dan menghadiri pertemuan besar seperti konser, acara olahraga, dan demonstrasi politik.

"Tetapi pedoman itu tidak dimaksudkan untuk mendukung jenis acara tertentu," kata Dr Jay Butler dari CDC, seperti dikutip dari AP, Minggu (14/6).

Tips tersebut telah lama ditunggu-tunggu dari pejabat kesehatan AS tentang cara mengurangi risiko infeksi virus corona untuk orang Amerika yang berusaha mencari kemiripan dengan kehidupan normal.

Penyelenggaraan dan kehadiran di acara seperti itu harus sejalan dengan rekomendasi pejabat kesehatan setempat, mengingat banyak Covid-19 yang menyebar di komunitas tertentu.

Julia Marcus, peneliti penyakit menular Harvard Medical School, menyarankan agar lebih banyak berada di rumah untuk menghindari resiko penularan. Dia mengaku gembira dengan tips CDC ini.

"Saya pikir ini langkah besar ke arah yang benar. Pedoman ini benar-benar diarahkan pada orang Amerika biasa yang mencoba membuat keputusan tentang risiko yang ada di keseharian," kata Marcus.

Tips dan pedoman itu memang belum lengkap benar. Masih ada beberapa yang belum tercantum di sana, seerti tindakan pencegahan yang harus diambil sebelum pergi ke gereja, bagaimana panduan tentang kencan dan seks, juga belum ada pengarahan apakah boleh membawa anak-anak mengunjungi kakek-nenek mereka?

Pakar penyakit menular Vanderbilt University, Dr William Schaffner, malah mengatakan ia sampai bosan diberi pertanyaan yang sama.  

"Mengunjungi nenek adalah pertanyaan yang harus saya jawab tiga kali seminggu," katanya. "Saya berempati untuk CDC. Sangat, sangat sulit untuk memiliki jawaban yang tepat untuk setiap keadaan." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA