Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Istri Terpidana Viktor Bout Warga Rusia Yang Dipenjara Di AS Siap Ajukan Permohonan Pertukaran Dengan Whelan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 17 Juni 2020, 07:22 WIB
Istri Terpidana Viktor Bout Warga Rusia Yang Dipenjara Di AS Siap Ajukan Permohonan Pertukaran Dengan Whelan
Viktor Bout, Warga Rusia yang ditahan di AS karena memasok senjata untuk teroris Kolombia/Net
rmol news logo Istri dari Viktor Bout, warganegara Rusia yang dipenjara di Amerika Serikat (AS) siap mengajukan permohonan kepada pihak berwenang AS untuk menukar suaminya dengan Paul Whelan warga negara AS  yang dihukum karena spionase di Rusia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Jika ini diperlukan, tentu saja saya siap untuk menulis permintaan dan pernyataan apa pun kepada presiden AS dan Kongres AS. Saya ingin menyampaikan bahwa Viktor Bout telah dipenjara selama 12 tahun setengah," kata Alla Bout, dalam siaran televisi RTVI, seperti dikutip dari Tass, Selasa (16/6).

Viktor, yang menjalani hukumannya di penjara federal keamanan menengah Marion, Illinois, tidak tahu apa-apa mengenai Whelan.

"Sayangnya, Viktor sekarang tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi apa pun. Dia praktis sepenuhnya terisolasi," kata Alla Bout mengenai suaminya itu.

Ia juga mengatakan belum saling berhubungan lagi dengan suaminya itu selama beberapa minggu terakhir. Terakhir ia hanya menelepon selama beberapa menit saja. Pihak keamanan AS memantau ketat di tengah pandemik Covid-19.

"Saya percaya bahwa segala sesuatu di sini tergantung pada kemauan politik AS karena saya tahu bahwa diplomat kami telah berkali-kali berbicara dengan Departemen Luar Negeri AS dan agen-agen lainnya. Sayangnya, sejauh ini tidak ada jawaban dari AS untuk permintaan kedutaan Rusia yang telah diterima secara resmi," kata Alla.

Paul Whelan divonis bersalah oleh Pengadilan Kota Moskow karena memata-matai Rusia dan menghukumnya 16 tahun penjara.

Whelan, yang juga memegang kewarganegaraan Inggris, Kanada, dan Irlandia, ditahan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) pada 28 Desember 2018 di Moskow saat melakukan misi mata-mata.

Investigasi kriminal diluncurkan terhadapnya atas tuduhan spionase yang membawa hukuman hingga 20 tahun di balik jeruji besi.

Namun, Whelan membantah semua tuduhan itu. Ia bersikeras bahwa kasus itu telah dibuat-buat, sementara aktivitas Whelan di Rusia bersifat kemanusiaan.

Sementara Viktor Bout ditahan di ibukota Thailand, Bangkok, berdasarkan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh pengadilan setempat atas permintaan AS. Viktor Bout dituduh memasok senjata secara ilegal ke sebuah kelompok yang disebut Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, yang bagi AS adalah teroris.

Pada 2010, Bout diekstradisi ke Amerika Serikat. Pada April 2012, ia dijatuhi hukuman 25 tahun penjara dan didenda 15 juta dolar AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA