Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turki Kembali Lancarkan Serangan Udara Terhadap Kurdi Di Irak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 17 Juni 2020, 08:54 WIB
Turki Kembali Lancarkan Serangan Udara Terhadap Kurdi Di Irak
Ilustrasi F-16 milik militer Turki/Net
rmol news logo Militer Turki kembali menggempur gerilyawan Kurdi di wilayah Haftanin, Irak bagian utara. Itu merupakan serangan kedua dalam beberapa hari terakhir sebagai bagian dari Operasi Cakar-Elang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Melalui Twitter, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, pesawat tempurnya telah menargetkan Partai Pekerja Kurdistan (PKK/YPG) pada Rabu (17/6). Serangan serupa juga telah dilakukan Turki pada Minggu (14/6).

"Komando heroik kami ada di Haftanin," ujar kementerian seperti dikutip Reuters.

“Untuk menetralkan PKK dan elemen teroris lainnya yang mengancam rakyat dan perbatasan kita, Angkatan Udara kita, bersama dengan peralatan pendukung... telah dimobilisasi ke wilayah tersebut dengan operasi udara," sambung kementerian.

Turki memang dikenal secara konsisten menargetkan PKK yang berbasis di Irak bagian utara. Sebelumnya, kementerian mengaku, serangan tersebut merupakan serangan balasan atas peningkatan serangan yang dilakukan oleh militan terhadap pangkalan militer Turki.

PKK/YPG merupakan kelompok teroris bagi Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Kelompok yang bermarkas di Irak bagian utara tersebut berusaha untuk mendirikan negara otonom Kurdi, termasuk di beberapa bagian Turki.

Sejak Turki dan Kurdi melakukan serangan pada 1984, sudah ada lebih dari 40.000 yang meninggal dalam konflik keduanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA