Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Brasil Laporkan 35.000 Kasus Covid-19 Dalam Sehari, Kantor Presiden: Terkendali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 17 Juni 2020, 11:13 WIB
Brasil Laporkan 35.000 Kasus Covid-19 Dalam Sehari, Kantor Presiden: Terkendali
Pantai di Brasil yang dijadikan kuburan untuk korban Covid-19/Net
rmol news logo Brasil tidak menunjukkan tren penurunan kasus Covid-19. Bahkan, negara Amerika Latin tersebut baru melaporkan rekor tertinggi kasus harian Covid-19. Di mana ada 34.918 kasus baru untuk Senin (15/6).

Kementerian Kesehatan pada Selasa (16/6) mencatat ada 1.282 kematian baru akibat Covid-19, sehingga totalnya menjadi 45.241. Sementara itu, dengan kasus harian, total infeksi di Brasil saat ini menjadi 923.189 kasus, hampir mencapai satu juta.

Meski begitu, para ahli mengatakan jumlah tersebut kemungkinan lebih tinggi karena pengujian di Brasil dilakukan secara tidak merata.

Di sisi lain, dengan tingginya infeksi di Brasil, Kepala Kantor Staf Presiden (Casa Civil), Walter Braga Netto, mengatakan wabah Covid-19 berada di bawah kendali.

"Ada krisis, kami bersimpati dengan keluarga yang berduka, tetapi semua dikelola," ucap Braga Netto dalam sebuah webinar, melansir Reuters.

Braga Netto berdalih, angka kematian per sejuta orang di Brasil lebih baik daripada Belgia, Spanyol, Inggris, Italia, dan Prancis. Karena itu, Jenderal Angkatan Darat tersebut mengatakan bahwa ia sedang berusaha menyampaikan pesan optimisme dalam manajemen krisis.

Tidak sependapat dengan Braga Netto, Direktur Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO), Carissa Etienne mengatakan, Brasil adalah masalah utama pandemik Covid-19.

Negara terbesar di Amerika Latin telah menyumbang sekitar seperempat dari sekitar 4 juta kasus Covid-19 di Amerika dan hampir 25 persen dari total kematian di wilayah tersebut.

"Kami tidak melihat transmisi melambat di Brasil," kata Etienne.

Untuk mengurangi tren infeksi, PAHO merekomendasikan agar Brasil dan negara-negara regional lainnya memperkuat aturan jarak sosial dan mendesak agar pembukaan kembali ekonomi dilakukan secara perlahan dan hati-hati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA