Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Terus Bertambah Di Afrika Selatan, Ribuan Murid Terinfeksi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 17 Juni 2020, 12:09 WIB
Kasus Covid-19 Terus Bertambah Di Afrika Selatan, Ribuan Murid Terinfeksi Covid-19
Pelajar berdiri pada tanda jarak sosial di Cape Town AFsel/Net
rmol news logo Kasus kematian karena Covid-19 di Western Cape bertambah 45 orang pada Selasa (16/6), sehingga jumlah total kematian di provinsi itu menjadi 1156. Pemerintah menyampaikan duka citanya dan bertekad akan terus menangani wabah itu.

Menelusuri situs resmi penanganan Covid-19 di Western Cape, per Selasa, total ada 1405 orang yang dirawat di rumah sakit di provinsi tersebut.

Disebutkan, mayoritas pasien berusia di atas 55 tahun dan memiliki penyakit bawaan termasuk hipertensi, diabetes, HIV, dan penyakit jantung, paru-paru dan ginjal.

Pemerintah setempat menyerukan kerja sama kepada semua pihak terutama masyarakat untuk saling bahu membahu melindungi yang rentan. Hindari pertemuan dengan orang-orang tua atau orang yang memiliki kerentanan penyakit, lebih banyak berada di rumah, menjaga jarak aman, dan menggunakan masker. Juga tidak lupa membawa selalu pencucui tangan.

"Dengan melakukan hal itu, Anda tidak hanya dapat mencegah diri Anda dari penularan, tetapi juga dapat melindungi orang yang Anda cintai dan menyelamatkan hidup," ujar pernyataan otoritas kesehatan Western Cape.

Pemerintah telah meluncurkan sejumlah intervensi di hotspot provinsi yang bertujuan mendorong perubahan perilaku untuk memperlambat penyebaran virus corona. Di antaranya penyediaan layanan taksi Red Dot, kemitraan antara pemerintah dan industri taksi minibus untuk memberikan layanan transportasi kritis sebagai bagian dari perjuangan melawan Covid-19.

"Kami telah memperkenalkan layanan taksi Red Dot untuk mengangkut para petugas ke titk-titik penyebaran untuk Dengan tetap aman, kita akan dapat melindungi orang-orang terkasih kita yang berisiko tinggi dan menyelamatkan nyawa," ujar pernyataan otoritas kesehatan Western Cape.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan Western Cape Debbie Schafer pada Senin (15/6), mengatakan bahwa pada pekan ini pemerintah akan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sekolah-sekolah.

Western Cape adalah salah satu provinsi di negara Afrika Selatan (Afsel). Afsel sendiri telah mengkonfirmasi adanya penambahan kasus saat sekolah kembali di buka di beberapa lokasi.

Disebutkan, ketika awal Juni sekolah dibuka, tak lama sebanyak 98 guru dan 1.800 murid terinfeksi Covid-19, seperti dikutip Anadolu.

Namun, Schafer mengungkapkan, pembukaan sekolah tidak menyebabkan lonjakan kasus. Ia menambahkan bahwa 1.537 murid telah terinfeksi virus ketika sekolah ditutup.

Negara Afsel mencatat kasus Covid-19 di negara itu naik menjadi 70.038, dengan 1.480 korban meninggal. Sementara itu, lebih dari 38.500 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

Afrika Selatan memiliki jumlah kasus tertinggi di benua tersebut sekaligus menjadi negara kedua dengan kematian tertinggi Covid-19  setelah Mesir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA