Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia - AS Negosiasi Pertukaran Narapidana, Antara Whelan Dengan Viktor Bout Atau Yaroshenko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Juni 2020, 11:50 WIB
Rusia - AS Negosiasi Pertukaran Narapidana, Antara Whelan Dengan Viktor Bout Atau Yaroshenko
Paul Whelan (kiri), Viktor Bout (tengah), dan Konstantin Yaroshenko/Net
rmol news logo Para pejabat Rusia dan Amerika Serikat sedang berunding untuk kemungkinan pertukaran narapidana atas nama Paul Whelan, warga AS yang dijatuhi hukuman oleh pengadilan Moskow pada minggu ini karena kasus spionase. Whelan sedang diajukan untuk ditukar dengan dua orang warga Rusia yang sedang menjalani hukumannya di penjara di AS.

Dua nama itu adalah Viktor Bout, yang dipenjara atas tuduhan memasok senjata secara ilegal ke sebuah kelompok Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dan Yaroshenko yang dipenjara karena menyelundupkan kokain ke AS.

Viktor Bout, yang ditangkap pada 2008 menjalani hukumannya di penjara federal keamanan menengah Marion, Illinois. Ia dihukum selama 20 tahun, dan saat ini telah menjalani 12 tahun masa hukumannya.

Sedangkan Konstantin Yaroshenko, telah ditangkap pada Mei 2010. Dia dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, dan saat ini telah menjalani 9 tahun masa hukumannya.

"Jika kesepakatan tercapai, kemungkinan besar yang disebut pertukaran itu akan dilakukan setelah presiden AS memberikan pengampunan kepada narapidana Rusia dan presiden Rusia memberikan pengampunan kepada Whelan," kata pejabat itu seperti dikutip AFP, Kamis (17/6).

Para pejabat Rusia selama bertahun-tahun telah berusaha memperjuangkan pembebasan untuk Bout dan Yaroshenko. Namun, belum menemukan kesepakatan.

Komisaris Rusia untuk Hak Asasi Manusia, Tatyana Moskalkova, secara resmi meminta agar Presiden Donald Trump memaafkan Yaroshenko pada Mei 2017, tetapi dia mengatakan setahun kemudian bahwa pemerintah AS telah menolak permintaan tersebut .

Pada tanggal 4 Juni 2020, kedutaan Rusia di Amerika Serikat sekali lagi meminta pemerintah AS untuk membebaskan warga negara Rusia dari penjara AS karena risiko infeksi virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA