Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditentang Oposisi, Pembentukan Dewan Pemilihan Nasional Venezuela Sudah Sesuai Konstitusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 19 Juni 2020, 09:25 WIB
Ditentang Oposisi, Pembentukan Dewan Pemilihan Nasional Venezuela Sudah Sesuai Konstitusi
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro/Net
rmol news logo Venezuela akan segera menggelar pemilihan legislatif untuk tahun ini. Mempersiapkan hal tersebut, pemerintahan Presiden Nicolas Maduro akan membentuk Dewan Pemilihan Nasional atau Venezuelan National Electoral Council 2020.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sayangnya, pemimpin oposisi, Juan Guaido, menentang hal tersebut. Padahal, pembentukan Dewan Pemilihan Nasional sendiri sesuai dengan Meja Dialog Nasional yang dimulai sejak September 2019.

Dalam poin kedua implementasi Meja Dialog Nasional, tertera bahwa Dewan Pemilihan Nasional baru akan dibentuk untuk melaksanakan pemilihan parlemen 2020.  

"Kedua, pembentukan Dewan Pemilihan Nasional yang baru, untuk melaksanakan pemilihan parlemen yang dijadwalkan untuk 2020 sesuai dengan konstitusi," bunyi poin kedua Meja Dialog Nasional, berdasarkan keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Venezuela di Jakarta kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (19/6).

Adapun entitas yang bertugas untuk memilih Dewan Pemilihan Nasional adalah Komite Nominasi Majelis Nasional yang dibentuk pada Maret.

Pembaruan Dewan Pemilihan Nasional sendiri bertujuan untuk menghindarkan kebuntuan politik. Mengingat, konfigurasi parlemen saat ini mencegah kekuatan politik mana pun untuk mencapai mayoritas yang memenuhi syarat dua pertiga dari suara.

"Diperlukan untuk menunjuk otoritas pemilu yang baru," ujar kedutaan.

Kebutuhan untuk membentuk otoritas pemilu baru juga semakin tinggi untuk menghindari kekosongan konstitusi saat berakhirnya mandat parlemen pada Januari 2021. Selain itu, tenggat waktu pemilihan pun sudah habis.

Kendati begitu, para pemimpin partai oposisi justru menuntut untuk menghilangkan Dewan Pemilihan Nasional kepada Mahkamah Agung. Ini tidak sesuai dengan konsitusi, Pasal 336, paragraf 7.

"Deklarasi penghilangan legislatif tidak konstitusional ketika telah mendikte norma atau tindakan yang diperlukan untuk menjamin kepatuhan dengan Konstitusi ini, atau telah mengeluarkannya secara tidak lengkap, dan menetapkan istilah dan, jika perlu, pedoman koreksinya," punyi pasal tersebut.

Dan sesuai dengan Pasal 336, paragraf 9, pembaruan otoritas Dewan Pemilihan Nasional telah menjadi tindakan hukum, dilakukan dengan kepatuhan terhadap Konstitusi, yang membela hak-hak politik rakyat Venezuela, tetapi yang juga merupakan bagian dari proses dialog politik nasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA