Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kota Di Lingkaran Arktik Catatkan Rekor Suhu Terpanas Hingga 38 Derajat Celcius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 22 Juni 2020, 13:35 WIB
Kota Di Lingkaran Arktik Catatkan Rekor Suhu Terpanas Hingga 38 Derajat Celcius
Ilustrasi suhu panas di sekitar lingkaran Arktik/Net
rmol news logo Pemanasan global semakin nyata. Bisa dilihat dari kenaikan suhu yang terjadi di Verkhoyansk, sebuah kota di Siberia yang terletak di sekitar Lingkaran Arktik di Republik Sakha.

Kota Verkhoyansk berada sekitar 4.660 kilometer dari timur laut Moskow. Itu adalah salah satu tempat terdingin di dunia pada musim dingin.

Guinness World Record saja sudah mengakui bahwa kota berpenduduk sekitar 1.300 orang tersebut memiliki suhu yang paling ekstrem. Verkhoyansk memiliki suhu paling dingin -68 derajat Celcius (C) dengan suhu tertinggi 37,2 derajat C.

Namun pada Sabtu (20/6), seperti dilansir dari 9News, Verkhoyansk mencatatkan suhu 38 derajat C. Rekor suhu tertingginya berdasarkan Pogoda i Klimat, situs pengumpul data meteorologi Rusia.

Sehari setelahnya, Minggu (21/6), kota tersebut juga memiliki suhu 35,2 derajat C. Artinya, suhu di wilayah tersebut telah mengalami kenaikan akhir-akhir ini.

Selain Verkhoyansk, sebagian besar Siberia pada tahun ini memang memiliki suhu yang sangat tinggi. Gelombang panas bahkan membuat kebakaran yang cukup besar di sana.

Menurut badan pemerintah yang memantau kebakaran hutan, Avialesokhrana, di Republik Sakha, lebih dari 275.000 hektar lahan telah terbakar.

Peningkatan suhu di Verkhoyansk sendiri telah meningkatkan kekhawatiran akan pemanasan global dan mencairnya es di Kutub Utara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA