Ajaran Hemat Dari Sang Ayah, Xi Jinping Pernah Memakai Baju Dan Sepatu Bekas Kakak Perempuannya

Foto tahun 1958, Xi Zhongxun bersama anak-anaknya, Xi Jinping dan Xi Yuanping

Setiap orangtua tentunya mewariskan hal-hal baik kepada anak-anaknya. Begitu juga dengan Presiden China Xi Jinping yang mengungkapkan ia mendapat warisan terindah dari ayahnya.

Memaknai Hari Ayah Internasional yang jatuh pada Minggu (21/6) Presiden China Xi Jinping mengenang kembali perjalanan kasih sayang sang ayah.

Sang ayah, Xi Zhongxun (1913 - 2002), adalah seorang revolusioner, pemimpin Partai Komunis China (CPC). Ia kemudian menjadi pejabat politik Tiongkok. Ia dianggap merupakan salah satu generasi pertama kepemimpinan Tiongkok. Terlepas dari tanggung jawabnya yang berat, dia menikmati kesempatan bersama anak-anaknya di rumah.

"Ada banyak karakter terhormat yang saya dapatkan dari ayah saya," kata Xi Jinping. Ayahnya menerapkan disiplin yang ketat serta tradisi berhemat.

Ketika China memulai reformasi dan membuka diri pada tahun 1978, Xi Zhongxun menjabat sebagai ketua Partai di provinsi selatan Guangdong.

Untuk memulai di Guangdong, Xi Zhongxun bekerja sepanjang waktu. Selama satu musim panas, ia mengunjungi 23 desa di panas terik untuk membiasakan diri dengan situasi lokal.

Xi Zhongxun juga tegas dalam mendorong proses pembukaan di provinsi pesisir, unit percobaan reformasi ekonomi Tiongkok dan membuka diri ke dunia luar.

"Kita harus mendedikasikan diri kita untuk menyelesaikan reformasi struktural Guangdong sebagai unit eksperimental," Xi Zhongxun pernah berkata kepada para pejabat. "Kita perlu memutuskan bahwa meskipun kita dapat membuat kesalahan, kita melakukan ini," menurut sebuah buku yang menceritakan hari-hari ketika Xi Zhongxun memerintah Guangdong, dikutip dari CGTN.

“Bapak memiliki kepercayaan yang teguh terhadap komunisme, percaya Partai kita selalu jaya, tepat dan mulia. Budi pekerti Anda menunjukkan arah bagi saya untuk maju ke depan," ujar Xi Jinping dalam surat yang ia tulis saat ayahnya berulang tahun.

Xi Jinping mengenang ayahnya yang penuh kasih sayang, dan selalu mementingkan pendidikan pada anaknya. Ayahnya juga membiasakan anak-anaknya untuk hemat.

Sang Ibu, pernah mengingat bagaimana Xi dan adik laki-lakinya menggunakan pakaian dan sepatu yang diturunkan dari kakak perempuan mereka, termasuk sepatu kain merah tua mereka.

Menurut sang ibu, pada awalnya, Xi Jinping menemukan ini sebagai hal yang memalukan. Saat Xi Jinping tidak mau memakai sepatu ala gadis karena disindir temannya, ayahnya selalu membujuknya supaya tidak takut sindiran.
Lalu dengan penuh kasih ayahnya memberi tahu bahwa mereka bisa mewarnai sepatu bekas itu dengan warna yang lebih cocok seperti yang mereka ingin.

"Ini mencerminkan tradisi di keluarga Xi untuk menjalani kehidupan yang sederhana. Saya menghargai apa yang diwariskan ayah," ujar Xi.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Artikel Lainnya

Inggris Amankan 60 Juta Dosis Kandidat Vaksin Covid-19 Buatan Novavax
Dunia

Inggris Amankan 60 Juta Dosi..

14 Agustus 2020 12:42
Sambut Normalisasi Hubungan Dengan UEA, Presiden Israel Undang Putra Mahkota MBZ Ke Yerusalem
Dunia

Sambut Normalisasi Hubungan ..

14 Agustus 2020 12:15
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Sebut Pembebasan Ratusan Narapidana Taliban Ancaman Bagi Dunia
Dunia

Presiden Afghanistan Ashraf ..

14 Agustus 2020 12:08
Diprotes Pengusaha, Malaysia Cabut Pembatasan Rekrutmen TKA
Dunia

Diprotes Pengusaha, Malaysia..

14 Agustus 2020 11:58
Orangtua Kamala Harris Bukan WN AS, Donald Trump Pertanyakan Kelayakan Sang Pendamping Joe Biden
Dunia

Orangtua Kamala Harris Bukan..

14 Agustus 2020 11:38
Akhirnya Pemerintah Lebanon Libatkan Penyelidik Internasional Selidiki Ledakan Beirut Termasuk FBI
Dunia

Akhirnya Pemerintah Lebanon ..

14 Agustus 2020 11:31
Siapa Yang Paling Diinginkan Oleh Negara-negara Monarki Teluk, Trump Atau Biden?
Dunia

Siapa Yang Paling Diinginkan..

14 Agustus 2020 11:20
Turki: Normalisasi Hubungan Israel-UEA Khianati Rakyat Palestina
Dunia

Turki: Normalisasi Hubungan ..

14 Agustus 2020 10:41