Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isu Merebak, Kunjungan India Ke Moskow Jelaskan Intervensi China Atas Perbatasan Dan Minta Rusia Percepat Kirim Rudal S-400

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 23 Juni 2020, 10:56 WIB
Isu Merebak, Kunjungan India Ke Moskow Jelaskan Intervensi China Atas Perbatasan Dan Minta Rusia Percepat Kirim Rudal S-400
Rudal S-400 buatan Rusia/Net
rmol news logo Kunjungan Menteri Pertahanan (menhan) India Rajnath Singh ke Rusia selama tiga hari bukan hanya sekadar menghadiri Parade Kemenangan di Moskow. Media-media di New Delhi menyebut Singh akan mendesak pihak Moskow untuk mempercepat pengiriman sistem pertahanan rudal S-400 yang telah dibeli.

Walau belum ada pernyataan resmi terkait hal itu, namun isu mengenai desakan pengiriman senjata pertahanan mencuat dipicu ketegangan yang terjadi pada pekan lalu di perbatasan Ladakh yang menewaskan 20 tentara India dan belasan lainnya luka-luka.

Dikabarkan, dalam kunjungannya ke Rusia, Rajnath Singh ingin memaparkan intervensi China atas wilayahnya atas garis kontrol yang sebenarnya, dikutip dari Times Now News, Senin (22/6).  

Rusia telah menunda pengiriman sistem pertahanan rudal S-400 ke India karena pandemik Covid-19. China, yang juga merupakan mitra strategis Rusia, telah memiliki sistem rudal S-400 dalam gudang senjatanya. Sistem itu mampu mendeteksi, melacak, dan menghancurkan semua senjata musuh.

Karena kemampuannya, beberapa negara termasuk China, Arab Saudi, Turki , India, dan Qatar, telah menyatakan keinginan untuk rudal sistem S-400 milik Rusia.

India pun mendesak pengiriman sistem rudal S-400 bisa lebih cepat dilakukan, mengingat ikatan historis antara New Delhi dan Moskow. Keandalan pasokan senjata pertahanan canggih Rusia menjadi perhatian utama dalam jadwal kunjungan Singh tersebut.

Selain mengunjungi Moskow, Rajnath Singh juga akan melakukan pertemuan dengan negara-negara lain. Pada 23 Juni besok, Rajnath Singh mengadakan pertemuan triparti, Rusia-India-China.

Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar juga akan hadir bersama Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Rusia.

Diharapkan pertemuan itu akan berlangsung lebih sportif dan  semua pihak sepakat untuk menentukan garis perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA