Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Kargo Iran Berlabuh Di Venezuela, Kapal Perang AS Mulai Beraksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 24 Juni 2020, 08:57 WIB
Kapal Kargo Iran Berlabuh Di Venezuela, Kapal Perang AS Mulai Beraksi
Ilustrasi USS Nitze/Net
rmol news logo Kapal perang milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Nitze, berlayar di dekat pantai Venezuela. Itu terjadi sehari setelah Kapal kargo Iran, Golsan berlabuh di pelabuhan La Guaira.

Komando Selatan Militer AS pada Selasa (23/6) mengatakan, USS Nitze yang merupakan kapal perusak rudal tengah melakukan operasi kebebasan navigasi, melansir Reuters.

Kapal tersebut berlayar di luar perairan teritorial Venezuela, yang membentang sekitar 12 mil laut dari pantai.

Sehari sebelumnya, Senin (22/6), kapal kargo berbendera Iran terlah berlabuh di Venezuela, membawa makanan untuk memasok supermarket Iran pertama di negara Amerika Selatan tersebut.

Namun, tidak ada indikasi bahwa Golsan dan Nitze saling berhadapan.

Baik kementerian informasi Venezuela maupun kantor pers angkatan bersenjata belum memberikan komentar atas pengerahan kapal perang AS.

Pada April, Presiden Donald Trump mengungkapkan, pihaknya mengerahkan militer lebih banyak ke Karibia untuk menghentikan apa yang diklaimnya sebagai pengiriman narkotika yang dilakukan oleh Presiden Nicolas Maduro.

Seiring dengan itu, Trump juga menjatuhi sanksi kepada Venezuela. Namun bulan lalu, Iran berhasil mengirimkan bahan bakar ke sana, tanpa diganggu oleh AS. Meski Trump mengatakan tengah mempertimbangkan tanggapan terkait pengiriman tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA