Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno Ajak ASEAN Bertindak Kolektif Untuk Tolak Rencana Aneksasi Tepi Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 24 Juni 2020, 15:13 WIB
Menlu Retno Ajak ASEAN Bertindak Kolektif Untuk Tolak Rencana Aneksasi Tepi Barat
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Kemlu
rmol news logo Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk bertindak bersama guna menolak rencana aneksasi Tepi Barat yang akan dilakukan oleh Israel.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ajakan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam ASEAN Political-Security Community (APSC) Council Meeting secara virtual pada Rabu (24/6).

"Mengenai Palestina, saya menekankan, rencana aneksasi Tepi Barat merupakan pelanggaran hukum internasional dan resolusi-resolusi PBB. Ini juga dapat memundurkan diplomasi perdamaian dan melemahkan two-states solution," ujar Retno kepada wartawan usai menghadiri pertemuan tersebut.

"Saya mengajak negara-negara ASEAN utnuk bertindak secara kolektif mendukung hak-hak Palestina dan menolak rencana aneksasi oleh Israel," tegasnya.

Sehari sebelumnya, tepatnya pada Selasa malam (23/6), Retno juga menghadiri Extraordinary Ministerial Pledging Conference for UNRWA yang diselenggarakan secara virtual.

Di sana, Retno menyampaikan komitmen Indonesia untuk memberikan kontribusi keuangan bagi Palestina melalui UNRWA, yang merupakan badan PBB yang mengurusi warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yerusalem Timur, Yordania, Lebanon, hingga Suriah.

"Kita sampaikan, semua negara sedang menghadapi situasi tidak mudah karena pandemik. Namun demikian, kita, Indonesia, masih memiliki hati dan berkomitmen untuk terus berbagi dan mendukung perjuangan Palestina termasuk kontribusi finansial," tekan Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA