Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Berharap Timor Leste Bisa Cepat Gabung Jadi Anggota ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 24 Juni 2020, 15:51 WIB
Indonesia Berharap Timor Leste Bisa Cepat Gabung Jadi Anggota ASEAN
Bendera Timor Leste/net
rmol news logo Indonesia, melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kembali menyatakan dukungannya atas aplikasi keanggotaan Timor Leste di Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Kepada negara-negara ASEAN dalam pertemuan virtual ASEAN Coordinating Council (ACC) pada Rabu (24/6), Retno juga berharap proses keanggotaan Timor Leste bisa segera rampung.

"Sebagaimana diketahui, Indonesia mendukung penuh aplikasi Timor Leste sebagai negara anggota ASEAN," ujar Retno dalam konferensi pers usai melakukan pertemuan tersebut.

Menurut keterangan Retno, beberapa fact-finding missions atau misi pencarian fakta telah dilakukan dan laporannya telah disahkan.

"Indonesia berharap agar proses ini dapat segera selesai dan Timor Leste dapat segera bergabung sebagai anggota ASEAN dalam waktu yang tidak terlalu lama," sambungnya.

Timor Leste sendiri sudah mengajukan aplikasi keanggotaannya sejak 2011. Sejak saat itu, Timor Leste berupaya untuk memenuhi sejumlah syarat di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Indonesia juga ikut membantu Timor Leste untuk memenuhi syarat-syarat yang diajukan.

Selain Indonesia, beberapa negara yang sudah menyetujui aplikasi Timor Leste adalah Malaysia, Filipina, dan Thailand. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA