Farah.ID
Farah.ID

Kongo Umumkan Wabah Ebola Kedua Telah Berakhir

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 25 Juni 2020, 19:10 WIB
Kongo Umumkan Wabah Ebola Kedua Telah Berakhir
Para petugas kesehatan di Kongo/Net
Setelah hampir dua tahun, wabah Ebola kedua yang melanda Republik Demokratik Kongo dinyatakan telah berakhir.

Demikian yang diumumkan oleh Menteri Kesehatan Eteni Longondo kepada wartawan pada Kamis (25/6), seperti dilansir dari Reuters.

"Kementerian kesehatan bermaksud memanfaatkan pelajaran yang didapat dan faktor-faktor keberhasilan dari epidemi panjang ini untuk memastikan respons paling efektif yang mungkin terjadi di Mbandaka," ujar Longondo.

Longondo mengungkap, hingga berakhir, wabah Ebola kedua di Kongo telah mencatatkan 3.463 kasus, di mana 2.277 di antaranya meninggal dunia.

Angka tersebut jauh dari wabah Ebola pertama yaang menjangkit Afrika Barat pada 2013 hingga 2016. Di mana ada lebih dari 11.300 orang meninggal dunia di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone.

Adanya vaksin dan perawatan intensif telah meningkatkan kelangsungan hidup ketika diberikan lebih awal. Namun, wabah Ebola sendiri berlarut-laut di bagian timur Kongo.

Bahkan pada 1 Juni, ketika wabah hampir berakhir, Kongo melaporkan satu kasus baru di kota barat Mbandaka. Namun dipastikan kasus tersebut tidak terkait dengan di bagian timur.

Sementara itu, Kongo sendiri saat ini sudah mencatatkan 6.213 kasus Covid-19, di mana 870 di antaranya sudah sembuh dan 142 meninggal.

ARTIKEL LAINNYA