Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terjadi Lonjakan Kasus Baru Covid-19, Gubernur Texas Hentikan Fase Pembukaan Kembali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 26 Juni 2020, 08:32 WIB
Terjadi Lonjakan Kasus Baru Covid-19, Gubernur Texas Hentikan Fase Pembukaan Kembali
Warga Texas antre makanan saat wilayah itu masih dalam penguncian/Net
rmol news logo Meningkatnya lonjakan kasus baru telah memaksa Gubernur Texas  mengambil langkah untuk menutup kembali negara bagian Amerika Serikat tersebut. Gubernur Texas, Greg Abbott mengumumkan hal tersebut pada Kamis (25/6).

“Negara bagian Texas akan menghentikan sementara fase lebih lanjut untuk membuka Texas, menanggapi peningkatan baru-baru ini dalam kasus Covid-19 dan meningkatnya pasien rawat inap,” demikian bunyi siaran pers dari kantor gubernur, seperti dikutip dari siaran CBS, Kamis (25/6).

“Ketika kami mengalami peningkatan dalam kasus Covid-19 positif dan rawat inap, kami fokus pada strategi yang memperlambat penyebaran virus ini sambil juga memungkinkan warga Texas untuk terus mendapatkan penghasilan untuk menghidupi keluarga mereka,” kata Abbott.

Bisnis yang sudah diizinkan untuk dibuka kembali di bawah fase pembukaan sebelumnya dapat terus beroperasi pada tingkat hunian yang ditunjuk dan tetap di bawah protokol kesehatan standar minimum Departemen Layanan Kesehatan Negara Texas, menurut pernyataan itu.

“Hal terakhir yang ingin kita lakukan sebagai negara bagian adalah mundur dan menutup bisnis. Jeda sementara ini akan membantu negara kita mengurangi penyebaran sampai kita dapat memasuki fase selanjutnya dengan membuka kembali kegiatan bisnis di negara kita," kata Abbott.

Gubernur juga menangguhkan operasi elektif di empat wilayah negara itu karena kekhawatiran tentang kurangnya ruang rumah sakit. Wilayah itu termasuk kabupaten Bexar, Dallas, Harris dan Travis. Perintah eksekutif itu mengarahkan semua rumah sakit di sana untuk menunda semua operasi dan prosedur yang tidak memerlukan tindakan medis secara segera.

Texas melakukan shutdown pada 31 Maret lalu, saat Abbott menandatangani perintah eksekutif yang mengarahkan orang untuk meminimalkan pertemuan sosial dan kontak langsung dengan orang-orang di luar rumah. Pada pertengahan Mei, beberapa bisnis yang tidak penting, seperti pusat kebugaran dan tempat pernikahan, diizinkan untuk mulai dibuka kembali pada kapasitas 25 persen. Negara juga mengizinkan usaha salon rambut untuk membuka kembali dengan langkah-langkah jarak sosial yang berlaku.

Pada tanggal 12 Juni, negara memasuki fase ketiga pembukaan kembali, yang memungkinkan beberapa bisnis yang tidak penting, seperti restoran, untuk dibuka kembali pada kapasitas 75 persen.

“Orang-orang Texas terus membuktikan bahwa kita dapat dengan aman dan bertanggung jawab membuka negara kita untuk bisnis di tengah Covid-19 dan menjaga negara kita tetap aman," kata Abbott ketika fase baru diumumkan pada 3 Juni lalu.

Texas saat ini memiliki hampir dua kali lebih banyak pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, seperti pada 14 Juni, jumlahnya berada di 2.287. Lonjakan ini terjadi setelah restoran diizinkan untuk meningkatkan kapasitas mereka, dan hampir semua bisnis diizinkan untuk beroperasi dengan beberapa langkah keamanan.

Minggu ini Abbot mengatakan ada  wabah besar Covid-19  di seluruh negara bagian Texas.

Gubernur kembali mendesak semua warga Texas untuk melakukan kewajiban mereka untuk memperlambat penyebaran Covid-19 dengan mengenakan masker, mencuci tangan secara teratur, dan menjauhkan secara sosial dari yang lain.

“Semakin kita semua mengikuti pedoman ini, semakin aman keadaan kita dan semakin kita bisa membuka Texas untuk bisnis.” rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA