Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Pemulihan Ekonomi, Jokowi Minta ASEAN Segera Buat Travel Corridor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 26 Juni 2020, 13:26 WIB
Demi Pemulihan Ekonomi, Jokowi Minta ASEAN Segera Buat <i>Travel Corridor</i>
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta ASEAN untuk segera membuat travel corridor atau koridor perjalanan untuk memastikan konektivitas barang, jasa, dan pelaku ekonomi. Itu dilakukan demi memulihkan ekonomi kawasan yang terhantam pandemik Covid-19.

Hal tersebut Jokowi sampaikan saat memberikan pidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-36 yang diselenggarakan secara virtual pada Jumat (26/6) dari pukul 08.30 WIB hingga 10.45 WIB.

Menteri Liar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, Jokowi meminta ASEAN untuk mempercepat pemulihan ekonomi mengingat berdasarkan laporan Dana Moneter Internasional (IMF), pertumbuhan ekonomi dunia direvisi dari minus 3 persen menjadi minus 4,9 persen.

"Dalam menyikapi hal tersebut, presiden menyampaikan pentingnya seluruh negara ASEAN bekerja lebih keras," ujar Retno usai pertemuan.

"ASEAN perlu mulai melakukan pengaturan mengenai ASEAN travel corridor secara hati-hati, terukur, dan bertahap. Dimulai dengan essential bussiness travel corridor berdasarkan protokol kesehatan yang ketat," terangnya.

Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi, koridor perjalanan tersebut juga menjadi bukti atas arti strategis komunitas ASEAN, baik untuk kawasan maupun dunia internsional.

"Presiden mengatakan, hendaknya para pemimpin ASEAN menugaskan para menteri untuk mulai membahas ASEAN travel corridor ini," pungkas Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA