Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biasa Berselisih, China-Jepang-Korsel Makin Mesra Di Tengah Pandemik Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 28 Juni 2020, 12:44 WIB
Biasa Berselisih, China-Jepang-Korsel Makin Mesra Di Tengah Pandemik Covid-19
Presiden China, Xi Jinping; Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe; dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in/Net
rmol news logo . Pandemik Covid-19 membuat negara-negara di kawasan Asia Timur, kecuali Korea Utara semakin mesra. China, Jepang, dan Korea Selatan saat ini tengah memperkuat hubungan, khususnya untuk memulihkan ekonomi satu sama lain.

Melansir Yonhap, Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan pada Minggu (28/6) menyatakan, pihaknya berencana untuk berkolaborasi dengan China dan Jepang dalam pelayaran pengiriman logistik di tengah pandemik Covid-19.

"Korea Selatan, China, dan Jepang telah menikmati pertumbuhan ekonomi melalui spesialisasi dan kerja sama yang terhubung dengan logistik laut," ujar Menteri Kelautan Korea Selatan, Moon Seong-hyeok.

Moon mengatakan, ketiga negara akan bekerja sama untuk mempertahankan aliran logistik untuk mengatasi pandemik Covid-19.

Terkait kerja sama, para menteri ketiga negara dijadwalkan akan bertemu secara virtual pada Senin (29/6).

Korea Selatan sendiri telah mengajukan pengurangan tarif atau diskon untuk mendukung operator feri penumpang bermasalah di Asia Timur Laut kepada China dan Jepang.

Selain itu, Seoul juga berniat untuk memperdalam kerja sama trilateral dalam pemanfaatan teknologi pintar untuk inspeksi kapal tanpa kontak sembari mempromosikan pengembangan kapal tanpa pengemudi.

Selama ini, hubungan negara-negara di Asia Timur sendiri tidak cukup baik. Mereka memiliki hubungan fluktuatif dan kerap berselisih. Bahkan sebelum pandemik, Korea Selatan dan Jepang sempat terlibat perang dagang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA