Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Teori Konspirasi Barat Soal Covid-19 Tidak Relevan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 28 Juni 2020, 23:55 WIB
Putin: Teori Konspirasi Barat Soal Covid-19 Tidak Relevan
Presiden Rusia Vladimir Putin mengenakan APD berwarna cerah saat berkunjung ke rumah sakit Moskow untuk memantau penanganan pasien Covid-19/RT
rmol news logo Pandemi virus corona atau Covid-19 yang membuat hampir semua negara dan wilayah di dunia kerepotan sejak awal tahun ini, diperkeruh dengan munculnya sejumlah teori konspirasi di masyarakat.

Salah satu teori konspirasi yang banyak dipercaya publik adalah tuduhan bahwa pandemi virus corona terjadi by design, alias sengaja direncanakan oleh manusia.

Bahkan teori konspirasi tersebut secara tidak langsung kerap dipromosikan oleh sejumlah pejabat top Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump Menteri Luar Negerinya, Mike Pompeo.

Dalam sejumlah kesempatan, mereka kerap menuding bahwa pandemi Covid-19 terjadi karena adanya kebocoran dari laboratorium di Wuhan, China, tempat penyebaran pertama Covid-19 akhir Desember lalu.

Namun Presiden Rusia Vladimir Putin menilai sebaliknya. Putin menuding bahwa teori konspirasi buatan Barat tersebut tidak didukung oleh bukti dan pada akhirnya tidak relevan.

"Mengklaim bahwa (pandemi) disebabkan oleh seseorang yang melepaskannya dengan sengaja, sama sekali tidak ada dasar untuk itu," kata Putin dalam sebuah wawancara akhir pekan ini.

"Jika seseorang memilih untuk tetap menggunakan versi ini, tidak ada hal baik yang akan keluar darinya," sambungnya, seperti dikabarkan Russia Today (Minggu, 28/6).

Lebih lanjut Putin menekankan, penentuan soal dari mana virus tersebut berasal haruslah diserahkan kepada para pakar yang ahli mengenai hal tersebut.

Namun dalam situasi seperti saat ini, jelas Putin, sumber virus itu tidak penting.

"Yang harus kita lakukan adalah berjuang melawannya dan tidak memikirkan dari mana asalnya," jelas Putin.

"Berurusan dengan pandemi ini secara efektif menuntut agar kita bergabung bersama, bukannya saling menyalahkan," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA