Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Petahana Polandia Siap Tarung Di Putaran Kedua Pilpres Juli Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 29 Juni 2020, 08:20 WIB
Presiden Petahana Polandia Siap Tarung Di Putaran Kedua Pilpres Juli Mendatang
Petahana Andrzej Duda, di Istana Presiden di Warsawa, Polandia/Net
rmol news logo Presiden petahana Polandia, Andrzej Duda menang atas penantangnya Rafal Trzaskowski partai Civic Platform, pada putaran pertama pemilihan presiden pada Minggu (28/6). Kemenangan itu mengantarkannya pada putaran kedua pemilihan yang akan digelar pada 12 Juli mendatang.

Kemenangan kembali Duda menjadi sesuatu yang sangat penting, jika partai Nasionalis Hukum dan Keadilan (PiS) yang berkuasa saat ini ingin mengimplementasikan lebih lanjut agenda konservatif sosialnya, termasuk reformasi peradilan yang menurut Uni Eropa melanggar standar demokrasi, dikutip dari Reuters, Senin (29/6).

Sebuah jajak pendapat yang  keluar pada Minggu (28/6) menunjukkan Duda memenangkan 41,8 persen suara, melawan 30,4 persen untuk Rafal Trzaskowski dari partai Civic Platform. Hasil akhir bisa sedikit berbeda tetapi setiap perubahan tidak diharapkan mempengaruhi siapa yang akan bersaing di babak kedua.

Dua jajak pendapat yang dilakukan dua televisi nasional Polandia pada Minggu malam waktu setempat menunjukkan Duda memimpin kurang dari 2 poin persentase di atas Trzaskowski dalam dua minggu terakhir.

PiS telah menjadikan Duda sebagai penjaga dari program kesejahteraannya yang murah hati, yang telah membantunya memenangkan pemilihan nasional pada tahun 2015 dan 2019, dan dari janjinya untuk melindungi nilai-nilai keluarga tradisional di Polandia yang didominasi Katolik.

Duda dikenal sebagai penganut Katolik yang taat, dalam kampanyenya ia berjanji untuk melarang pelajaran tentang hak-hak gay di sekolah-sekolah. Bahkan dalam kampanyenya ia mengatakan ideologi LGBT lebih buruk daripada doktrin komunis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA