Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Internal Taiwan Bergejolak, Politisi Kuomintang Boikot Parlemen: Presiden Tsai Ing-wen Makin Tirani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 Juni 2020, 09:01 WIB
Internal Taiwan Bergejolak, Politisi Kuomintang Boikot Parlemen: Presiden Tsai Ing-wen Makin Tirani
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Politik dalam negeri Taiwan bergejolak di tengah perseteruannya dengan Beijing yang makin panas. Partai oposisi utama pemerintah, Kuomintang (KMT) hingga melakukan aksi boikot parlemen untuk memprotes pemerintahan Presiden Tsai Ing-wen yang dianggap tirani.

Sejak Minggu malam (28/6) hingga Senin (29/6), lebih dari 20 politisi dari KMT memboikot gedung parlemen, tepatnya menghalangi pintu masuk aula utama dengan rantai dan kursi.

Aksi tersebut, merupakan bentuk protes kepada Tsai dan partainya, Partai Progresif Demokratik (DPP) yang dianggap menggunakan kekuasaan untuk kepentingan kelompok. Di mana melalui RUU, Tsai menominasikan asisten seniornya, Chen Chu untuk memimpin Control Yuan, lembaga pengawas pemerintah.

Sementara DPP sendiri memiliki suara mayoritas di parlemen.

"Tahun ini, pemerintahan Tsai menjadi lebih tirani dari sebelumnya. Ketegaran Tsai telah memuat KMT tidak memiliki alternatif selain menduduki Legislatif Yuan," ujar KMT dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

DPP dan kantor Tsai pun langsung mengutuk aksi KMT yang digambarkan telah menginjak-injak kehormatan parlemen.

"Ini hanya menginjak-injak rasa hormat dari anggota parlemen mereka sendiri," kata DPP.

KMT yang merupakan partai besar dan bersejarah di Taiwan mulai kehilangan popularitasnya. Partai tersebut diketahui lebih menyukai kedekatan dengan China meski saat ini berusaha untuk melakukan perombakan dengan dipilihnya seorang politisi muda, Johnny Chiang, untuk memimpin.

Setelah kalah dalam pemilihan presiden pada Januari 2020, KMT juga kehilangan suara dalam pemilihan Walikota Kaohsiung yang merupakan kota besar di selatan dengan selisih yang sangat besar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA