Indonesia Ajak Australia Kerja Sama Pulihkan Dampak Ekonomi Covid-19 Lewat Dua Cara Ini

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dan Presiden RI, Joko Widodo/Net

Indonesia mengajak Australia dan negara-negara ASEAN untuk bekerja sama dalam memulihkan dampak ekonomi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Special ASEAN-Australia Foreign Ministers's Meeting on Covid-19 yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa (30/6) mulai 13.30 WIB hingga 16.30 WIB.

Retno menyampaikan, ASEAN dan Australia sudah memiliki berbagai macam "kendaraan" atau kerja sama yang bisa dimanfaatkan untuk memulihkan dampak dari pandemik Covid-19.

"Di bidang ekonomi, terutama, saya menyampaikan terdapat dua kendaraan yang dapat dipakai, yaitu melalui ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP)," papar Retno dalam konferensi pers virtual yang diselenggarakan usai pertemuan tersebut.

Untuk RCEP, Retno menyampaikan, penandatanganan direncakan akan dilakukan pada November 2020. Di mana ada 15 negara yang akan menandatanganinya, 10 negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam) dan 5 negara mitra (Australia, China, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru).

"(RCEP) akan berdampak signifikan pada upaya pemulihan ekonomi pasca pandemik di kawasan. 15 negara yang telah menyepakati RCEP, termasuk Australia merupakan kekuatan ekonomi global yang sangat besar, yang mencakup seperempat GDP dunia dengan dua miliar penduduk," terang Retno.

Adapun hasil pertemuan ASEAN dan Australia tersebut menghasilkan Co-Chair's Statement of the Special ASEAN-Australia Foreign Ministers's Meeting on Covid-19.

Di antaranya adalah komitemen untuk memperkuat kerja sama dalam mitigasi dampak pandemik Covid-19; mendukung berbagi informasi dan pengalaman dalam penanganan Covid-19 antara ASEAN dan Australia; mendukung seruan Sekjen PBB kepada semua negara untuk bertindak dalam menangani pandemik dan mendukung peran WHO sebagai agensi kesehatan internasional.

"Kemudian komitmen bersama untuk berpegang pada prinsip-prinsip ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan mendorong implementasinya dalam kerja sama konkret," lanjut Retno.

Selain itu, komitmen meningkatkan kerja sama dalam menemukan obat dan vaksin, termasuk memastikan akses yang sama bagi semua negara; memperkuat kerja sama di bidang ekonomi dalam menagtasi dampak Covid-19 melalui antara lain, penguatan mekanisme AANZTFA dan komitmen bersama untuk menandatangani RCEP pada tahun ini.

"Dan komitmen Australia untuk penanganan pandemik sebesar 630 juta dolar Australia bagi kawasan Indo-Pasifik," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Viral Perilaku Pegawai Starbucks Intip Payudara pelanggan dari CCTV

Kamis, 02 Juli 2020
Video

Karpet Merah Perusahaan Relokasi Dari China

Kamis, 02 Juli 2020
Video

Berstatus Tersangka, Jack Boyd Lapian Jalani Pemeriksaan Perdana Di Bareskrim

Jumat, 03 Juli 2020

Artikel Lainnya

Pernah Hadiri Acara Tanpa Masker Pacar Trump Junior Sekaligus Penasehat Kampanye Donald Trump Positif Covid-19
Dunia

Pernah Hadiri Acara Tanpa Ma..

04 Juli 2020 17:34
Antisipasi Infeksi Baru Di Sekitar Pemakaman, Bolivia Membuat Kuburan Massal Untuk Korban Covid-19
Dunia

Antisipasi Infeksi Baru Di S..

04 Juli 2020 17:18
Krisis Lebanon: 75 Persen Rakyat Kelaparan, Dua Warga Memilih Bunuh Diri
Dunia

Krisis Lebanon: 75 Persen Ra..

04 Juli 2020 16:25
Ekstremis ISIS Asal Prancis Hanya Dijatuhi Hukuman 30 Tahun Penjara, Hakim Beralasan Ingin Memberi Secercah Harapan Untuk Berevolusi
Dunia

Ekstremis ISIS Asal Prancis ..

04 Juli 2020 15:52
Aktivis Hong Kong Joshua Wong Bantah Minta Intervensi Jerman
Dunia

Aktivis Hong Kong Joshua Won..

04 Juli 2020 14:55
Marah Banyak Yang Ikut Campur Urusan Hagia Sopia, Erdogan: Kami Melindungi Hak-hak Muslim Negara Ini!
Dunia

Marah Banyak Yang Ikut Campu..

04 Juli 2020 13:53
Peduli Hak Hewan, Tunangan PM Inggris Serukan Boikot Produk Kelapa Yang Eksploitasi Tenaga Monyet
Dunia

Peduli Hak Hewan, Tunangan P..

04 Juli 2020 13:37
iPhone Stop Produksinya Di India, Gara-gara Bentrokan Perbatasan Dan Aksi Boikot
Dunia

iPhone Stop Produksinya Di I..

04 Juli 2020 13:01