Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Virus Corona Makin Mengancam Suku Amazon, Brasil Kerahkan Pasukan Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 01 Juli 2020, 09:17 WIB
Virus Corona Makin Mengancam Suku Amazon, Brasil Kerahkan Pasukan Militer
Ilustrasi suku Amazon di pedalaman Brasil/Net
rmol news logo Penyebaran virus corona baru di Brasil semakin meluas dan memicu kekhawatiran bagi suku Amazon yang bermukim di pedalaman. Untuk mendeteksi penularan, pemerintah mengirimkan pasukan militer khusus ke sana.

Melansir Reuters, pasukan tentara Angkatan Darat mulai mengirimkan pasokan medis dari ibukota negara bagian Roraima, Boa Vista menggunakan helikopter Blackhawk ke pos perbatasan yang berada jauh di dalam hutan hujan pada Selasa (30/6).

Mereka membawa masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan obat-obatan, termasuk 13.500 pil klorokuin. Selain membawa pasokan medis, militer juga melakukan rapid test para suku pedalaman, hasilnya semua negatif.

"Tujuan utama operasi gabungan ini oleh angkatan bersenjata adalah untuk melacak Covid-19 di desa-desa terdekat," ujar kapten medis, Jarbas de Souza.

Operasi gabungan tersebut secara khusus untuk membantu suku Yanomami dan Yekuana yang tinggal di reservasi terbesar di Brasil. Kesehatan mereka menjadi perhatian karena gaya hidup mereka yang komunal dan tidak memiliki dan kekebalan terhadap penyakit eksternal.

"Mereka takut," ucap Elaine Maciel dari kantor regional agensi urusan adat pemerintah Funai.

“Itu adalah virus yang tidak diketahui oleh mereka, seperti juga bagi kita. Banyak yang memilih untuk mengasingkan diri dan tidak datang untuk melihat tim medis sebagai cara menghindari penularan," imbuhnya.

Selama ini, Presiden Jair Bolsonaro juga telah banyak dikritik, bukan hanya meremehkan virus, namun juga dianggap tidak mampu melindungi masyarakat adat.

Hingga saat ini, Brasil telah mencatatkan lebih dari 1,4 juta kasus Covid-19 dengan 59.594 kematian. Dengan angka tersebut, Brasil menjadi negara paling terpukul kedua oleh virus corona di dunia setelah Amerika Serikat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA