Farah.ID
Farah.ID

Marak Penipuan Online, KBRI Quito Tekankan Pentingnya Melindungi Diri Di Internet

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 02 Juli 2020, 02:59 WIB
Marak Penipuan Online, KBRI Quito Tekankan Pentingnya Melindungi Diri Di Internet
Dubes Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono/Ist
Jumlah pengguna internet saat pandemi virus corona meningkat tinggi, begitu juga dengan masyarakat yang menjadi korban penipuan online.

Hal tersebut mendasari KBRI Quito mengadakan webinar bertema 'Melindungi Diri Dari Kejahatan Internet' untuk meningkatkan kewaspadaan dari kejahatan internet, 27 Juni waktu setempat.

"Kemudahan yang diberikan internet memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang lain di daerah yang jauh. Namun di balik kemudahan tersebut, terdapat risiko berbahaya yang dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan aksi penipuan atau kejahatan lain," kata Dubes Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (1/7).

Di acara yang sama, Kepala Pusat Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Kementerian Luar Negeri, Agus Trenggono mengatakan, pengguna internet harus bisa menyeimbangkan keamanan dan kenyamanan agar kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik.

Dalam mengamankan diri dari kejahatan virtual melalui internet, jelasnya, pengguna adalah kunci utama, bukan teknologinya.

"Kita harus selalu waspada dan bersikap bijak dalam menggunakanya. Seringkali kita lalai dalam mengamankan diri sendiri seperti karena takut lupa. Kita menuliskan password di tempat yang mudah dibaca orang atau memposting data sifatnya terlalu pribadi di sosial media," urainya.

Ia melanjutkan, prinsip dasar yang perlu ditanamkan adalah berfikir secara matang sebelum memposting sesuatu di internet tanpa mengetahui sumber beritanya. Gunakan logika dasar sebagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

"Jika terjadi kejahatan siber, maka kita harus segera melaporkan kepada pihak yang berwajib," tekannya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA