Burundi Rayakan 58 Tahun Kemerdekaannya, Menlu AS Mike Pompeo Beri Ucapan Khusus

tangkapan layar perayaan HUT Burundi ke-58

Seluruh rakyat Burundi larut dalam kebahagiaan saat mereka merayakan hari ulang tahun kemerdekaan negaranya yang ke 58 pada Rabu (1/7).  Burundi mendapat kemerdekaan dari Belgia pada 1 Juli 1962.
Di tingkat Nasional, perayaan diadakan di boulevard de l'independence, di balai kota Bujumbura. Presiden Evariste Ndayishimiye memimpin perayaan nasional yang menampilkan parade penuh warna oleh personel keamanan dan warga sipil dari lembaga negara dan swasta.

Upacara di ibu kota Burundi Bujumbura dimulai dengan peletakan karangan bunga di makam Pangeran Louis Rwagasore. Dia adalah seorang putra mahkota Kerajaan sekaligus politisi Burundi yang dianggap sebagai tokoh penting dalam sejarah nasionalisme Burundi.

Dalam pidatonya, Presiden Burundi, Evariste Ndayishimiye memperingatkan negaranya agar tidak digunakan sebagai instrumen kolonialis.

Mengutip Anadolu Agency, Kamis (2/7), presiden juga memberi penghormatan kepada pendahulunya, Pierre Nkurunziza, karena dinilai telah mengajarkan semangat patriotisme kepada bangsa itu.

Tak lupa, Evariste juga mengucapkan selamat kepada rakyat Burundi atas keberhasilan pelaksanaan pemilihan umum pada Mei lalu. Selain itu, Evariste juga mendesak semua komponen negara untuk menumbuhkan persatuan dan bekerjasama menuju perdamaian dan pembangunan negara.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo secara khusus memberikan ucapan selamat kepada rakyat Burundi.

“Atas nama Amerika Serikat, saya mengirim ucapan selamat kepada rakyat Republik Burundi ketika Anda merayakan 58 tahun kemerdekaan pada 1 Juli,” ungkapnya, seperti dikutip dari situs resmi Kemenlu AS, Rabu (1/7).

Mike Pompeo juga memuji rakyat Burundi atas komitmen mereka terhadap transisi kekuasaan secara damai dalam pemilihan nasional baru-baru ini.

“Kontribusi Burundi kepada misi penjaga perdamaian Uni Afrika tetap merupakan upaya penting, dan Amerika Serikat menyambut baik kesempatan untuk bekerja dengan pemerintah baru Anda untuk memajukan prioritas bersama kami dalam perdamaian dan keamanan," katanya.

“Di tahun mendatang, saat pemerintah Anda mengantarkan periode baru dalam sejarah Burundia, kami menantikan peningkatan kerja sama untuk mempromosikan kemakmuran dan memperkuat tata pemerintahan yang baik, hak asasi manusia, dan lembaga demokrasi untuk semua warga Burundi,” tambahnya.

Pada hari Selasa, Presiden Ndayishimiye, yang juga seorang pensiunan jenderal angkatan darat itu, berjanji pemerintahnya akan mengambil langkah-langkah untuk memerangi penyebaran Covid-19, sebuah perubahan kebijakan dari almarhum pendahulunya yang meremehkan bahaya yang ditimbulkan oleh virus corona.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Pasca Pembunuhan Samuel Paty, Prancis Akan Menindak Postingan Berisi Identitas Pribadi
Dunia

Pasca Pembunuhan Samuel Paty..

24 Oktober 2020 06:50
Pemilu Bolivia: Luis Arce Raih Kemenangan Telak Dengan 55 Persen Suara
Dunia

Pemilu Bolivia: Luis Arce Ra..

24 Oktober 2020 06:35
Konflik Laut Mediterania, Bisakah Rusia Dapat Untung Dari Pertengkaran Turki-Yunani?
Dunia

Konflik Laut Mediterania, Bi..

24 Oktober 2020 05:41
Iran Kepada Armenia Dan Azerbaijan: Tidak Ada Toleransi Serangan Di Perbatasan
Dunia

Iran Kepada Armenia Dan Azer..

23 Oktober 2020 19:42
Tolak Kehadiran Militer China, Warga Kamboja Gelar Aksi Protes Dekat Kedutaan
Dunia

Tolak Kehadiran Militer Chin..

23 Oktober 2020 16:40
Hasil Pemilu Berujung Kerusuhan Berdarah, Sekjen PBB Minta Semua Pihak Di Guinea Tetap Tenang
Dunia

Hasil Pemilu Berujung Kerusu..

23 Oktober 2020 16:04
Kremlin: Presiden Putin Sudah Melakukan Segala Hal Untuk Mendamaikan Armenia Dan Azerbaijan
Dunia

Kremlin: Presiden Putin Suda..

23 Oktober 2020 15:14
Balas Serangan Roket Hamas, Israel Bombardir Situs Pembuatan Senjata Di Jalur Gaza
Dunia

Balas Serangan Roket Hamas, ..

23 Oktober 2020 14:45