Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Amankan Pria Bersenjata Dekat Kediaman Trudeau, Ingatkan Tragedi 1970

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 03 Juli 2020, 05:58 WIB
Polisi Amankan Pria Bersenjata Dekat Kediaman Trudeau, Ingatkan Tragedi 1970
Seorang petugas polisi menjaga gerbang depan Rideau Hall 2 Juli 2020/Net
rmol news logo Seorang pria misterius bersenjata ditangkap oleh pihak kepolisian Kanada pada Kamis pagi (2/7). Pria itu ditangkap di dekat kediaman Perdana Menteri Justin Trudeau di daerah pemukiman eksklusif Ottawa.Trudeau diketahui sedang tidak ada di tempat saat penangkapan itu terjadi.

Trudeau dan keluarganya tinggal di sebuah rumah besar di halaman Rideau Hall, kediaman Gubernur Jenderal Julie Payette, perwakilan resmi kepala negara Ratu Elizabeth. Rideau Hall berada di atas lahan seluas 88 hektar.

“Sekitar pukul 6:40 pagi ini (1040 GMT), seorang pria bersenjata memasuki pekarangan. Perdana Menteri dan Gubernur Jenderal tidak ada di tempat pada saat kejadian," kata Royal Canadian Mounted Police di Twitter.

“Pria itu ditangkap tak lama setelah dia memasuki pekarangan tanpa ada insiden. Dia saat ini dalam penahanan dan sedang dimintai keterangan, ”tambahnya, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (2/7).

Seorang juru bicara PM Trudeau mengonfirmasi bahwa perdana menteri berusia 48 tahun itu tidak ada di rumah saat itu. Trudeau, yang menikah dan telah dikaruniai tiga anak itu juga memiliki akses ke rumah musim panas yang letaknya sekitar 35 kilometer di barat laut Ottawa.

Tidak seperti Amerika Serikat, di mana empat presiden telah dibunuh sejak 1865, hampir tidak ada sejarah kekerasan politik yang serius di Kanada.

Satu-satunya kekerasan politik di negara itu terjadi pada 1970, ketika sebuah kelompok radikal -yang menuntut kemerdekaan bagi Quebec- menculik Pierre Laporte, wakil perdana menteri provinsi Kanada dan kemudian membunuhnya.

Trudeau sendiri selalu mengenakan rompi anti peluru pada saat melakukan kampanye pemilihan pada Oktober tahun lalu setelah para pejabat mendeteksi adanya ancaman keamanan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA