Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bela Vietnam, Filipina Kecam Latihan Militer China Di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 03 Juli 2020, 10:23 WIB
Bela Vietnam, Filipina Kecam Latihan Militer China Di Laut China Selatan
Peta sebagian Laut China Selatan yang menjadi sengketa antara China dan beberapa negara ASEAN/net
rmol news logo Filipina ambil posisi, membela Vietnam dan mengecam China yang melakukan latihan militer di dekat Kepulauan Paracel.

Meski Kepulauan Paracel bukan menjadi wilayah sengketanya, Filipina menyatakan dengan vokal bahwa latihan militer China di sana sangat provokatif.

Hal tersebut dinyatakan oleh Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana pada Kamis (2/7), melansir CNA.

"Itu sangat memprihatinkan, kami melihatnya dengan khawatir. Melakukannya di daerah yang diperebutkan maka itu akan, Anda tahu, membunyikan lonceng alarm untuk semua penuntut," ujar Lorenzana.

"Itu sangat provokatif," tambahnya menekankan.

Pada Jumat (27/6), Administrasi Keselamatan Maritim Hainan mengumumkan bahwa China melakukan latihan lima hari dari Rabu (24/6) di dekat Kepulauan Paracel.

Kemudian Kementerian Luar Negeri Vietnam mengirim nota diplomatik ke China untuk memprotes latihan tersebut karena secara serius melanggar kedaulatan Vietnam.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Le Thi Thu Hang mengatakan, latihan militer China semakin memperumit situasi, dan merusak hubungan dengan ASEAN.

Vietnam dan Filipina selama ini menjadi dua negara ASEAN yang paling  vokal terhadap penolakan klaim China di Laut China Selatan yang mengandalkan "sembilan garis putus-putus".

Filipina selama ini mengklaim kedaulatan atas Kepulauan Spartly yang juga disengketakan dengan Vietnam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA