Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang HUT Kemerdekaan, 40 Negara Bagian AS Alami Lonjakan Kasus Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 03 Juli 2020, 14:48 WIB
Jelang HUT Kemerdekaan, 40 Negara Bagian AS Alami Lonjakan Kasus Covid-19
Penanganan pasien Covid-19 di Amerika Serikat/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) akan segera menyambut Hari Kemerdekaannya pada 4 Juli. Namun kabar buruk muncul dengan melonjaknya kasus Covid-19 di 40 dari 50 negara bagian AS.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Melansir Global News, Arizona, California, Florida, dan Texas telah berubah menjadi episentrum Covid-19. Di mana jumlah gabungan kasus di sana mencapai 25.000 pada Kamis (2/7).

Dari perhitungan Universitas Johns Hopkins, AS mencatat 51.200 kasus baru yang dikonfirmasi pada Rabu (1/7). Angka tersebut mewakili total kasus harian selama sebulan pada April dan Mei, ketika New York menjadi titik panas terburuk di AS.

"Apa yang kita lihat adalah minggu yang sangat mengganggu," ujar ahli penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci.

Lonjakan kasus di AS sendiri diperkirakan karena banyaknya orang Amerika yang tidak mengenakan masker dan tidak mematuhi aturan jarak sosial.

Dari data yang dikumpulkan oleh Proyek Pelacakan Covid, 40 negara bagian di AS mengalami peningkatan kasus selama 14 hari terakhir.

Nebraska dan South Dakota adalah satu-satunya negara bagian di luar Northeast yang memiliki tren penurunan kasus baru.

Selama dua pekan terakhir, persentase tes positif Covid-19 naik dua kali lipat di Georgia, Kansas, Montana, Michigan, Missouri, Tennessee, Mississippi, Carolina Selatan, dan Ohio. Di Nevada, sudah tiga kali lipat. Di Idaho, lima kali lebih tinggi.

Di Texas, kasus Covid-19 membengkak dari 2.400 kasus baru menjadi 8.000 kasus baru pada Rabu. Tingkat positif meroket dari 8 persen menjadi 14,5 persen. Sementara Arizona dari 5,7 persen menjadi 10,3 persen.

Kenaikan kasus Covid-19 ini semakin mengkhawatirkan menjelang liburan 4 Juli pada akhir pekan. Alhasil banyak kota yang sudah melarang diadakannya pertunjukan kembang api. Pantai-pantai di California dan Florida pun telah ditutup.

Totalnya, saat ini AS sudah memiliki lebih dari 2,7 juta kasus Covid-19 dengan lebih dari 128 ribu kematian. Sementara itu, total kesembuhan di negeri Paman Sam sendiri mencapai lebih dari 781 ribu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA