Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu: Diplomasi Indonesia Tidak Pernah Vakum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Juli 2020, 14:37 WIB
Kemlu: Diplomasi Indonesia Tidak Pernah Vakum
Tangkapan layar diskusi virtual "Membaca Diplomasi Indonesia" pada Minggu, 5 Juli 2020/RMOL
rmol news logo Indonesia tidak pernah vakum dalam menjalankan diplomasi untuk mencapai kepentingan nasional, meski di tengah pandemik Covid-19 yang saat ini terjadi.

Begitu yang ditegaskan oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah dalam diskusi virtual pada Minggu (5/7).

Teuku menjelaskan, ada empat agenda besar yang menjadi fokus diplomasi Indonesia pada masa pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo.

Di antaranya adalah diplomasi perdamaian dunia, diplomasi kadaulatan, diplomasi ekonomi, serta diplomasi perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI).

"Memasuki 2020, kita menyaksikan tantangan yang sama sekali tidak dibayangkan, yakni adanya pandemik. Dunia dihadapkan pada ketidakpastian," ujar Teuku.

Dengan pandemik Covid-19, Teuku mengungkap, energi dan perhatian dunia internasional terbelah, ekonomi internasional terkontraksi dengan berat.

"(Meski begitu) keempat hal yang menjadi prioritas tetap menjadi sesuatu yang diperjuangkan," sambungnya.

Salah satu yang saat ini diperjuangkan oleh Kemlu sendiri saat ini adalah dengan membentuk travel bubble untuk menjalankan kembali roda perekonomian nasional.

Di samping itu, Teuku menjelaskan, di tengah pandemik Covid-19, Indonesia juga aktif memperjuangkan isu Palestina, dengan membangun koalisi internasional untuk menolak rencana aneksasi Tepi Barat.

"Pondasi politik luar negeri Indonesia tidak berubah. Mengidentifikasi prioritas. Demikian, kita tidak pernah dalam kondisi yang vakum," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA