Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Dan Ghana Makin Kuat, Siap Tingkatkan Kerja Sama Belt And Road

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 06 Juli 2020, 06:56 WIB
China Dan Ghana Makin Kuat, Siap Tingkatkan Kerja Sama Belt And Road
Presiden Ghana Nana Akufo-Addo dan Presiden Cina Xi Jinping pada KTT 2018 di Beijing/Net
rmol news logo Dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik China dan Ghana, Presiden Xi Jinping bertukar pesan ucapan selamat dengan rekannya dari Ghana, Nana Addo Dankwa Akufo-Addo, Minggu (5/7).

Dalam pesannya, Xi mencatat bahwa sejak berdirinya hubungan diplomatik bilateral 60 tahun yang lalu, persahabatan tradisional antara China dan Ghana telah tumbuh lebih kuat dengan kerja sama praktis yang membuahkan hasil.

“Hubungan China dan Ghana telah menunjukkan momentum yang baik untuk pembangunan dalam beberapa tahun terakhir, membawa manfaat nyata bagi kedua negara,” kata Xi, seperti dikutip dari Xin Hua, Minggu (5/7).

Xi mengatakan, sejak epidemi Covid-19 pecah, China dan negara-negara Afrika, termasuk Ghana, telah saling mendukung dalam perjuangan bersama melawan penyakit ini, yang telah  menunjukkan persahabatan dan  persaudaraan antara China dan Afrika yang telah berbagi suka dan duka.

Presiden Xi Jinping menekankan bahwa ia sangat mementingkan pengembangan hubungan bilateral kedua negara. Ia mengatakan, momen peringatan 60 tahun hubungan bilateral sebagai kesempatan untuk meneruskan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama di berbagai bidang di bawah pembangunan bersama Belt and Road dan dalam kerangka Forum Kerjasama China-Afrika.

Pada bagiannya, Akufo-Addo mencatat bahwa generasi pemimpin yang lebih tua dari kedua belah pihak, bersama-sama telah memprakarsai dan memelihara hubungan persahabatan antara Ghana dan China. Mereka termasuk mendiang Presiden Ghana Kwame Nkrumah, mendiang Ketua China Mao Zedong dan Perdana Menteri Zhou Enlai.

“Selama 60 tahun terakhir, kedua negara mencapai hasil luar biasa dalam kerja sama di berbagai bidang dan bekerja sama untuk membangun tatanan internasional yang damai, serta tatanan internasional yang adil dan merata,” katanya.

Terkait penanganan Covid-19, Akufo-Addo mengatakan bahwa China telah memenangkan pengakuan dunia atas bantuan dan dukungannya bagi negara-negara di seluruh dunia, termasuk Ghana, dalam perang melawan virus corona.

Sama seperti Xi Jinping, Akufo-Addo juga menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama memperkuat koordinasi strategis antara China dan Ghana, serta memperdalam kerja sama bilateral kedua negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA