Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Utara Tak Berniat Lanjutkan Dialog Dengan AS, Minta Korea Selatan Jangan Lagi Ikut Campur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 07 Juli 2020, 08:24 WIB
Korea Utara Tak Berniat Lanjutkan Dialog Dengan AS, Minta Korea Selatan Jangan Lagi Ikut Campur
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un/Net
rmol news logo Korea Utara menegaskan kembali tidak berniat untuk kembali dalam perundingan dengan Amerika Serikat (AS). Mereka juga mendesak Korea Selatan untuk berhenti mencampuri urusan dengan AS.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal urusan AS di Kementerian Luar Negeri Korea Utara, Kwon Jong Gun pada Selasa (7/7). Pernyataan tersebut disampaikan untuk menanggapi kunjungan diplomat AS ke Seoul.

"Ini adalah waktu untuk menghentikan campur tangan dalam urusan orang lain, tetapi tampaknya tidak ada obat atau resep untuk kebiasaan buruknya," ujar Kwon dalam pernyataan yang dirilis kantor berita resmi KCNA.

"Berbicara secara eksplisit sekali lagi, kami tidak punya niat untuk duduk berhadapan dengan Amerika Serikat," tegasnya.

Kwon mengatakan, tampaknya Seoul salah menafsirkan pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Sun Hui yang sebelumnya mengatakan belum waktunya ada pertemuan lain antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump.

Pernyataan Choe pada Sabtu (4/7) tersebut untuk menanggapi tawaran Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang mengajak Kim dan Trump bertemu sebelum pemilihan AS pada November.

Meski begitu, Korea Selatan tampaknya melanjutkan rencananya. Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun dijadwalkan tiba di Seoul pada Selasa malam untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Korea Selatan mengenai cara-cara untuk menghidupkan kembali perundingan denuklirisasi dengan Pyongyang.

Hubungan Korea Utara dengan Korea Selatan dan AS hancur pada bulan lalu. Ketika para pembelot Korea Selatan mengirim selebaran propaganda di perbatasan yang membuat akhirnya Korea Utara meledakkan kantor penghubung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA