Aktivis Wanita Argentina Surati Ratu Inggris: Jangan Curi Emas Venezuela!

Pemimpin Asosiasi Ibu-ibu Plaza de Mayo Hebe de Bonafini surati Ratu Elizabeth II soal Pengadilan Inggris yang menolak permintaan Venezuela untuk mengambil simpanan emas/Net

Awal bulan ini Venezuela dibuat geram oleh keputusan pengadilan Inggris yang menolak permintaan Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk mengambil emas.

Padahal, emas senilai 1,8 miliar dolar AS itu merupakan milik Venezuela yang disimpan di Bank of England.

Pengadilan Inggris berdalih, penolakan dilakukan karena Maduro dianggap tidak berhak atas otoritas tersebut karena Inggris tidak mengakuinya sebagai presiden.

Sebaliknya, Inggris sebagai sekutu Amerika Serikat mengakui pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido sebagai pemimpin negara di ujung utara Amerika Selatan itu.

Padahal, Maduro memimpin kembali Venezuela untuk periode kedua setelah menang telak dalam pemilu presiden tahun 2018 lalu yang digelar secara demokratis.

Namun pemimpin oposisi Venezuela, Guaido, tidak menerima kekalahan itu dan memilih untuk mendeklarasikan diri sebagai pemimpin Venezuela melalui proses yang tidak sah di mata hukum.

Sayangnya, negara musuh utama Venezuela, yakni Amerika Serikat, mendukung Guaido dan mengajak para sekutunya untuk melakukan hal serupa. Salah satu negara sekutu Amerika Serikat yang ikut mengakui Guaido sebagai pemimpin Venezuela adalah Inggris.

Keputusan terbaru Pengadilan Inggris awal bulan ini membuat geram bukan hanya warga Venezuela, namun juga warga negara lain yang memahami situasi pelik tersebut. Salah satunya adalah Hebe de Bonafini.

Bonafini adalah seorang aktivis wanita berusia 91 tahun asal Argentina. Dia merupakan salah satu pendiri dan juga pemimpin Asosiasi Ibu-ibu Plaza de Mayo, yakni sebuah organisasi yang beranggotakan para ibu Argentina yang kehilangan anak-anak mereka selama masa Dirty War.

Sejak mendirikan organisasi itu, Bonafini yang juga memiliki nama panggilan Kika, lantang berbicara membela konsepnya tentang hak asasi manusia, baik di Argentina maupun di luar negeri. Atas apa yang dilakukannya, Bonafidi pun mendapatkan pengakuan internasional. Dia menerima Hadiah Pendidikan Perdamaian UNESCO pada tahun 1999.

Kini, dia ikut prihatin atas apa yang dihadapi oleh warga Venezuela setelah Pengadilan Inggris menolak permintaan Venezuela untuk mengambil emas milik mereka. Keprihatinan tersebut dia ungkapkan dalam sepucuk surat terbuka yang dialamatkan kepada Ratu Inggris.

Dalam surat itu, Bonafini bahkan secara gamblang menuding keputusan pengadilan Inggris sama dengan pencurian.

"Saya berani menulis kepada Anda karena sejak 43 tahun terakhir (sejak Dirty War) di Argentina, seluruh hidup saya didedikasikan untuk mereka yang kekurangan," tulis Bonafini dalam pemukaan surat untuk Ratu Elizabeth II dari Inggris.

"Pada hari-hari ini saya mendengar bahwa negara Anda, yang selalu kolonialis, memutuskan untuk mencuri simpanan emas, (yang) disimpan di bank-bank Inggris, dari rakyat Venezuela," sambungnya.

Bonafini menilai bahwa dirinya yakin bahwa baik Ratu Inggris maupun warga Inggris tidak membutuhkan emas milik Venezuela tersebut.

"Saya berani mengatakan kepada Anda, dari wanita desa kepada Ratu yang juga seorang wanita, apakah hal itu tidak terlihat sebagai pelecehan di pihak Anda?  Perampokan itu? Bukan pelindasan?" tulis Bonafini.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dia berani menulis surat itu karena dirinya sangat mencintai warga Venezuela yang selama ini telah menderita.

"Saya harap Anda mengerti saya dan dapat membuka tangan Anda yang sudah memiliki terlalu banyak emas dan saya yakin tidak perlu lagi," tutup Bonafini dalam surat tersebut.

Kolom Komentar


Video

#KamiMasihAda Pemkot Fasilitasi Launching Album 30 Musisi Semarang

Kamis, 24 September 2020
Video

Tanya Jawab Cak Ulung - Ancaman dan Peluang Pilkada

Kamis, 24 September 2020

Artikel Lainnya

Tersinggung, Hongaria Desak Petinggi Uni Eropa Mengundurkan Diri
Dunia

Tersinggung, Hongaria Desak ..

29 September 2020 18:00
CDC: Maret Hingga September Ada 280 Ribu Anak Usia Sekolah Di AS Yang Terinfeksi Virus Corona
Dunia

CDC: Maret Hingga September ..

29 September 2020 17:31
Pilpres AS 2020, Para Dukun Peru Beraksi Untuk Menangkan Pilihan Mereka
Dunia

Pilpres AS 2020, Para Dukun ..

29 September 2020 16:07
Kunjungi Zona Demiliterisasi, Menlu Dominic Raab: Inggris Selalu Dukung Perdamaian Korea
Dunia

Kunjungi Zona Demiliterisasi..

29 September 2020 15:35
Nicolas Maduro: Pandemik Covid-19 Perburuk Kesenjangan Sosial Di Dunia
Dunia

Nicolas Maduro: Pandemik Cov..

29 September 2020 15:23
Jelang Debat Presiden Malam Ini, Gedung Putih Yakin Trump Sudah Sangat Siap Dengan Semua Topik
Dunia

Jelang Debat Presiden Malam ..

29 September 2020 15:21
Memaksimalkan Tenaga Lokal, Kuwait Pecat Semua Karyawan Ekspatriat
Dunia

Memaksimalkan Tenaga Lokal, ..

29 September 2020 15:00
Melesat Menuju 5G, Singapura Kumpulkan Ribuan Tenaga Kerja Profesional
Dunia

Melesat Menuju 5G, Singapura..

29 September 2020 14:55