Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Presiden Ekuador Mengundurkan Diri, Bersiap Untuk Pemilihan Presiden Tahun Depan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 08 Juli 2020, 06:16 WIB
Wakil Presiden Ekuador Mengundurkan Diri, Bersiap Untuk Pemilihan Presiden Tahun Depan?
Wapres ekuador Otto Sonnenholzner/Net
rmol news logo Setelah menjabat selama 18 bulan, Wakil Presiden Ekuador Otto Sonnenholzner menyatakan pengunduran dirinya di tengah wabah virus corona yang menghancurkan Guayaquil, kota  terbesar di negara itu, pada Selasa (7/7).

Sonnenholzner, adalah wakil ketiga Presiden Lenin Moreno yang mengundurkan diri sejak Moreno memulai masa jabatannya pada pertengahan 2017.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, Sonnenholzner tidak memberikan alasan atas keputusannya, atau mengonfirmasi spekulasi media yang mengatakan bahwa ia berencana untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden tahun depan.

“Saya berangkat dari sini dengan kepuasan tanggung jawab terpenuhi,” kata Sonnenholzner, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/7).

Sonnenholzner berada di puncak popularitas pada bulan Maret dan April, saat dirinya memimpin perang melawan wabah Covid-19  terburuk di Guayaquil, Amerika Latin. Di mana mayat-mayat korban ditinggalkan di rumah-rumah dan di jalan karena rumah sakit tidak memiliki kapasitas untuk mengumpulkannya.

Sonnenholzner mengambil alih pengiriman sumber daya medis ke rumah sakit dan mengirimkan makanan kepada anggota masyarakat yang rentan. Dia juga memimpin rencana pemerintah untuk mengaktifkan kembali perekonomian dengan mempertahankan lapangan kerja dan mengeluarkan pinjaman ke sektor-sektor yang kehabisan dana.

Sekitar 4.800 orang telah meninggal karena virus di negara Ekuador, di mana 1.600 orang meninggal di provinsi sekitar Guayaquil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA