Farah.ID
Farah.ID

Jika Menang Pilpres, Joe Biden: Hari Pertama Jadi Presiden, AS Gabung Kembali WHO

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 Juli 2020, 08:26 WIB
Jika Menang Pilpres, Joe Biden: Hari Pertama Jadi Presiden, AS Gabung Kembali WHO
Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden/Net
Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat berjanji akan bergabung kembali dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jika ia terpilih dalam pemilihan umum November mendatang.

Hal tersebut ia ungkap melalui akun Twitter-nya, @JoeBiden, pada Rabu (8/7), sebagai balasan dari kabar bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump secara resmi mengeluarkan AS dari WHO.

"Orang Amerika lebih aman ketika Amerika terlibat dalam memperkuat kesehatan global," ujar Biden.

"Pada hari pertama saya menjabat sebagai Presiden, saya akan kembali bergabung dengan WHO dan mengembalikan kepemimpinan kita di tingkat dunia," tekan mantan Wakil Presiden AS era Barack Obama tersebut.

Pada Selasa (7/7), pemerintah AS mengumumkan kepada PBB dan Kongres mengenai penarikan Washington dari WHO secara efektif terhitung pada Senin (6/7).

Penarikan AS dari WHO bermula dari dugaan pemerintahan Presiden Donald Trump bahwa WHO menjadi "kaki tangan" China untuk menutupi asal usul wabah Covid-19.

Pada April, Trump sudah mengumumkan pembekuan sementara dana AS untuk WHO. Ia juga memperingatkan pembekuan dana bisa menjadi permanen kecuali WHO berkomitmen untuk melakukan perubahan besar dalam 30 hari.

Meski begitu, pada akhir Mei, Trump mengonfirmasi AS akan menarik diri dari WHO dan mengalihkan dana kontribusinya untuk kebutuhan kesehatan global lain.

ARTIKEL LAINNYA