Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Partai Oposisi Ghana Pilih Wanita Sebagai Calon Wakil Presiden

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 08 Juli 2020, 16:22 WIB
Partai Oposisi Ghana Pilih Wanita Sebagai Calon Wakil Presiden
Mantan menteri pendidikan, Naana Opoku Agyemang, dicalonkan sebagai calon wakil presiden/Net
Jelang pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada Desember mendatang, Partai oposisi Ghana telah menentukan siapa yang akan jadi calon wakil presiden akan mendampingi capres mereka, John Dramani Mahama. Pengumuman itu dibuat pada Selasa (7/7).

Pilihan jatuh pada seorang wanita bernama Naana Opoku Agyemang, seorang mantan menteri pendidikan dibawah kepemimpinan John Dramani Mahama. Dia menjadi calon wakil presiden pertama di negara itu.

Opoku Agyeman mengatakan pencalonannya sebagai kandidat wakil presiden sebagai sebuah pengakuan terhadap peranan wanita.

“Nominasi bersejarah ini bukan pencapaian pribadi tetapi kemenangan untuk demokrasi yang inklusif dan partisipatif,” kata Opoku Agyeman, seperti dikutip dari Rti, Rabu (8/7).

Ageyman memiliki gelar PhD dalam bidang sastra Inggris dari York University, Toronto, Kanada, dan telah menghabiskan 30 tahun untuk mengajar di Universitas Cape Coast, Ghana, di mana dia menjadi wakil rektor, seperti dikutip darisitus web kampanye Mahama .

Opoku Agyeman telah menulis berbagai koleksi esai yang mengeksplorasi hubungan antara perdagangan budak trans-Atlantik. Dia juga menyampaikan kuliah tentang peningkatan keterwakilan perempuan dan partisipasi dalam dunia akademis.

Jajak pendapat Ghana pada 7 Desember mendatang diperkirakan akan menjadi pertandingan yang sengit antara Presiden petahana, Nana Akufo-Addo berlomba untuk masa jabatan kedua, dengan Mahama yang berharap untuk bisa kembali ke Flagstaff House.

John Dramani Mahama sendiri pernah menjabat sebagai presiden setelah menggantikan John Milss yang meninggal dunia secara mendadak di tengah kepemimpinannya pada 2012 lalu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA