Farah.ID
Farah.ID

Ilmuwan India-Amerika Ditunjuk Kepalai Organisasi Penelitian Pertanian AS

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 Juli 2020, 15:12 WIB
Ilmuwan India-Amerika Ditunjuk Kepalai Organisasi Penelitian Pertanian AS
Peneliti Parag Chitnis ditunjuk kepalai NIFA/Net
Ilmuwan India-Amerika terkemuka, Parag Chitnis, telah ditunjuk sebagai Penjabat Direktur Institut Pangan dan Pertanian Nasional (NIFA). Jabatan begengsi ini menugaskannya untuk mendorong semua penelitian pertanian yang didanai pemerintah federal di AS.

Chitnis diangkat sebagai Associate Director untuk Program-program awal tahun ini dan memimpin implementasi proyek-proyek penelitian NIFA sekitar 1,7 miliar dolar AS.

Sekretaris Pertanian AS, Sonny Perdue, telah mengumumkan nama Chitnis sebagai Penjabat Direktur NIFA.

"Chitnis membawa lebih dari 31 tahun penelitian ilmiah dan pengalaman ke kantor Direktur," kata Perdue, dikutip dari Tribun India, Sabtu (11/7).  


Chitnis menggantikan Dr Scott Angle yang menerima posisi sebagai Wakil Presiden Pertanian dan Sumber Daya Alam di University of Florida di Gainesville.

"Chitnis telah berperan dalam memberikan kepemimpinan yang mantap dan dukungan kepada NIFA selama transisinya ke Kansas City musim gugur yang lalu, di samping memainkan peran utama dalam inisiatif Proyek CAFÉ NIFA (Kolaborasi Mencapai Keunggulan Fungsional) yang bertujuan untuk membantu NIFA memaksimalkan bisnis operasi untuk melayani pelanggan dengan lebih baik," kata Perdue.

Chitnis meraih gelar BSc dalam pemuliaan botani dan tanaman dari Konkan Agricultural University di Maharashtra dan gelar MSc dalam genetika biokimia dari Indian Agricultural Research Institute yang berbasis di New Delhi. Dia meraih gelar PhD di bidang biologi dari University of California di Los Angeles.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA