Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Trudeau Bersimpatik Pada Karyawan Supermarket Di Ontario Atas Insiden Ujaran Rasis Gara-gara Masker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 Juli 2020, 16:09 WIB
PM Trudeau Bersimpatik Pada Karyawan Supermarket Di Ontario Atas Insiden Ujaran Rasis Gara-gara Masker
Justin Trudeau, Kanada, Rasisme
rmol news logo Perdana Menteri Kanada mengomentari kericuhan yang terjadi di sebuah supermarket di Mississauga terkait penggunaan masker, pada Jumat (10/7) kemarin yang viral d media sosial.

Dalam unggahannya di akun Twitter, Justin Trudeau mengucapkan terima kasih kepada karyawan supermarket itu atas sikap yang patut dipuji saat menghadapi reaksi keras pelanggan yang marah-marah yang menolak untuk mengenakan masker. Pelanggan itu juga mengumpat dan mengeluarkan kata-kata rasis.

Insiden itu terjadi di T&T Supermarket yang direkam dalam video dan diposting di YouTube, di mana ia telah ditonton lebih dari 380.000 kali.

Dalam video berdurasi hampir empat menit, seorang pria dan wanita yang tidak mengenakan makser terlihat di lorong toko yang dikelilingi oleh staf. Lelaki itu terdengar 'mengajari' staf yang memintanya menggunakan masker, katanya masker malah membuat seseorang sakit dan dia tidak harus mengenakannya.

Ketika staf lainnya mencoba menenangkan dan menjelaskan, pelanggan itu malah berkata, "Kembali ke China, di mana Anda berasal dan membawa virus coronamu kembali ke Wuhan!"

Kalimat yang sangat tidak nyaman terdengar.

Para ahli telah mengatakan selama berbulan-bulan bahwa topeng atau penutup wajah melindungi individu dari penyebaran tetesan mikro dan dapat membantu mengekang penyebaran Covid-19.

Pemakaian masker di tempat-tempat publik telah diwajibkan.

Seorang juru bicara T&T mengatakan pria dalam video itu juga berdebat dengan pelanggan lainnya.

"Ketika diminta dengan sopan untuk mengenakan masker, yang merupakan kebijakan toko, pria itu awalnya menolak karena dia mengatakan itu tidak efektif. Dia kemudian menjadi marah dan agresif, mengklaim memiliki alergi dan kemudian mengklaim dia dan temannya sama-sama menderita asma,” kata juru bicara T&T, Tina Lee, dikutip dari CBC, Sabtu (11/7).
 
"Karena perilaku pelanggan, kami mendukung keputusan manajer toko untuk meminta pelanggan pergi," katanya.

Toko tersebut mencatat bahwa tuduhan pria itu tidak dapat diterima, dan bahwa mereka memiliki sejumlah protokol yang dibuat untuk pelanggan dengan kondisi medis yang mungkin tidak dapat memakai masker karena alasan kesehatan.

Insiden itu menarik perhatian banyak politisi serta Kepolisian Daerah Peel, yang mengatakan bahwa begitu mereka melihat video mereka mengirim seorang petugas ke supermarket untuk "secara proaktif mengambil laporan."

Polisi sekarang sedang menyelidiki insiden tersebut untuk mengidentifikasi perlakuan ujaran kebencian. Polisi juga mendesak pelaku untuk menyerahkan diri.

Trudeau memposting di Twitter Jumat bahwa video kata-kata kasar rasis sangat tidak adalah sangat tidak baik untuk ditonton. Trudeau juga berterima kasih karena karyawan di sana tetap tenang dan mencoba memberi arahan.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengenyahkan rasisme dan diskriminasi, jadi laporkan saja kapan dan di mana pun Anda melihatnya,” kata Trudeau.

Pemimpin Partai Demokrat Baru Jagmeet Singh juga mengomentari insiden itu, menyerukan diakhirinya ujaran kebencian.

"Kami memiliki tanggung jawab kolektif untuk menyangkal ruang apa pun untuk jenis ujaran rasis dan kebencian seperti ini," kata Singh. “Dan mari kita perjelas, konsensus para ahli kesehatan adalah bahwa memakai masker membantu mencegah penyebaran Covid-19. Pakai masker dan jangan jadi rasis!" rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA