Farah.ID
Farah.ID

Kasus Harian Tembus Tiga Digit, PM Victoria: Ini Berbahaya!

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 Juli 2020, 11:57 WIB
Kasus Harian Tembus Tiga Digit, PM Victoria: Ini Berbahaya!
Petugas polisi di Melbourne sedang berpatroli di tengah pemberlakuan lockdown/Net
Lonjakan kasus Covid-19 di negara bagian Victoria, Australia semakin mengkhawatirkan. Bahkan infeksi harian di sana sudah mencapai tiga digit.

Melansir Reuters, Victoria melaporkan 273 kasus baru pada Minggu (12/7). Artinya sudah satu pekan negara bagian tersebut mengalami peningkatan infeksi tiga digit.

Melbourne, ibukota negara bagian terpadat kedua di Australia, sudah memasuki pekan keenam karantina wilayah karena lonjakan infeksi di komunitas.

"Ini adalah waktu yang berbahaya," ujar Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews dalam konferensi pers.

"Saya tahu kami sudah meminta banyak pada orang Victoria, tetapi kita tidak punya pilihan selain mengakui kenyataan yang kita hadapi dan melakukan apa yang harus dilakukan, dan itu adalah mengikuti aturan-aturan itu, hanya pergi keluar ketika Anda perlu," sambungnya.

Kasus pada Minggu adalah rekor infeksi harian tertinggi kedua, mengikuti rekor 288 kasus baru yang dilaporkan pada Jumat (10/7).

Peningkatan kasus baru juga sebanding dengan langkah pemerintah untuk meningkatkan pengujian Covid-19, yaitu lebih dari 30.000 tes setiap hari.

Melihat peningkatan kasus di Victoria, tujuh negara bagian dan teritori Australia lainnya telah melarang masuk pelancong dari negara bagian tersebut.

Perhitungan Universitas Johns Hopkins menunjukkan, Australia saat ini sudah mencatatkan 9.797 kasus Covid-19 dengan 108 di antaranya sudah meninggal.

ARTIKEL LAINNYA