Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: China Jadi Satu-satunya Kekuatan Utama Yang Alami Pertumbuhan Ekonomi Positif Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 Juli 2020, 15:09 WIB
Pengamat: China Jadi Satu-satunya Kekuatan Utama Yang Alami Pertumbuhan Ekonomi Positif Tahun Ini
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Sebuah jajak pendapat yang dilakukan terhadap para analis dan pengamat ekonomi menunjukkan, China akan mulai mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua 2020.

Survei terhadap para analis di 11 insitusi yang dilakukan AFP menghasilkan, pertumbuhan ekonomi China untuk kuartal kedua tahun ini berkisar pada angka 1,3 persen. Turun jauh dari target sebelum adanya pandemik Covid-19, yaitu 6,1 persen.

Meski begitu, para analis memproyeksikan, China akan menjadi satu-satunya ekonomi utama yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif untuk tahun ini. Lantaran China merupakan negara pertama yang terhantam wabah dan pulih lebih dulu,

Para ekonom memperkirakan, China akan mencatat pertumbuhan ekonomi 1,7 persen untuk satu tahun penuh.

Data pertumbuhan ekonomi China untuk periode April hingga Juni akan dipublikasikan pada Kamis (16/7).

Pada kuartal pertama, pemerintah China menutup negara selama berbulan-bulan untuk mengendalikan virus, termasuk menghentikan operasi pabrik dan membatasi perjalanan. Alhasil, ekonomi China merosot 6,8 persen dalam tiga bulan pertama 2020.

Namun sejak karantina di Hubei, khususnya Wuhan dicabut pada April, pemerintah mulai melanjutkan kembali aktivitas ekonomi.

Ketika wabah Covid-19 muncul kembali pada bulan lalu di Beijing, pemerintah hanya melakukan pembatasan yang sangat terbatas.

Ekonom utama Oxford Economics, Tommy Wu, memperkirakan China akan pulih pada kuartal kedua dan seterusnya karena tidak lagi tertahan oleh gangguan sisi pasokan, di mana pabrik-pabrik kembali beroperasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA