Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Achmad Baidowi: Tanpa Turki Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid, Islam Sudah Bangkit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 12 Juli 2020, 23:03 WIB
Achmad Baidowi: Tanpa Turki Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid, Islam Sudah Bangkit
Wasekjen PPP, Achmad Baidowi/RMOL
rmol news logo Keputusan Presiden Erdogan yang telah mengembalikan fungsi Hagia Sophia menjadi masjid turut diapresiasi Wasekjen PPP, Achmad Baidowi.

Namun demikian, menurut politisi yang akrab disapa Awiek ini, dikembalikannya fungsi Hagia Sophia sebagai masjid tidak berarti dimaknai kebangkitan Islam secara keseluruhan.

“Apakah menimbulkan semangat kebangkitan Islam? Saya kira tidak ya. Karena Islam sudah bangkit, tanpa Turki bikin begitu Islam sudah bangkit di negaranya masing-masing,” kata Awiek kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (12/7).

Menurutnya, makna kebangkitan Islam di sejumlah negara berbeda-beda. Termasuk antara Indonesia dan yang terjadi di Turki.

“Kebangkitan Islam di Indonesia beda dengan kebangkitan Islam di Turki. Negara-negara Islam maupun berpenduduk Islam terdistribusi, terpecah sesuai dengan bentuknya. Ada yang bentuk kerajaan seperti Malaysia, ada yang berbentuk persemakmuran, dan republik seperti Indonesia dan Turki,” paparnya.

Kebangkitan Islam, kata dia, disesuaikan dengan kultur setiap masing-masing negara. Turki yang mengembalikan fungsi Hagia Sophia bisa dartikan sebagai kebangkitan Turki.

“Ada kerajaan seperti Arab Saudi dan itu satu-satunya ikatan kekuatan hukum dalam payung suatu negara. Jadi kalau dibilang, ini kebangkitan Turki,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA