Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Perang AS Di Pangkalan San Diego Terbakar, 18 Pelaut Dilarikan Ke Rumah Sakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 Juli 2020, 07:03 WIB
Kapal Perang AS Di Pangkalan San Diego Terbakar, 18 Pelaut Dilarikan Ke Rumah Sakit
Kebakaran yang terjadi pada kapal USS Bonhomme/Net
rmol news logo Petugas kebakaran berjibaku memadamkan api yang melahap  kapal perang Amerika Serikat, USS Bonhomme Richard, yang sedang berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut San Diego pada Minggu (12/7) waktu setempat. Sebanyak 18 pelaut yang mengalami cedera segera dilarikan ke ke rumah sakit.

Rekaman video udara dari tempat kejadian menunjukkan kapal perang sepanjang 844 kaki (257 meter) itu diliputi asap tebal ketika kapal-kapal pemadam kebakaran di pelabuhan berupaya mengarahkan aliran air ke kapal yang terbakar tersebut.

“18 pelaut telah dipindahkan ke rumah sakit setempat dengan cedera serius tetapi tidak sampai mengancam jiwa. Seluruh kru turun dari kapal dan semuanya tercatat selamat," tulis Naval Surface Forces di Twitter pada Minggu sore (12/7) waktu setempat, dan dikutip dari Reuters, Senin (13/7).

Sekitar 160 pelaut sedang berada di kapal ketika kebakaran pertama kali dilaporkan. Stasiun televisi San Diego, KGTV, melaporkan bahwa pada saat kejadian kapal itu sedang menjalani pemeliharaan rutin dan biasanya membawa kru sekitar 1.000 orang.

Laksamana Muda Charles Brown, juru bicara Angkatan Laut AS, mengatakan para pelaut yang terluka sebagian besar mengalami inhalasi asap dan luka bakar ringan.

Semua responden Pemadam Kebakaran San Diego tiba pada pukul 11:19 (18:19 GMT), kata departemen itu di Twitter

Sekitar tengah hari waktu setempat, departemen mengatakan semua personelnya telah diarahkan untuk keluar dari dermaga, sementara rekaman udara menunjukkan kobaran api yang semakin membesar.

“Dua kapal perang lain yang berlabuh di dekatnya segera dipindahkan ke dermaga yang lebih jauh dari kapal yang terbakar dalam 90 menit berikutnya,” kata Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan.

Kapal Bonhomme Richard, yang mulai bertugas pada tahun 1998, telah berpartisipasi dalam beberapa operasi militer selama bertahun-tahun dan juga telah muncul dalam dua film aksi Hollywood berjudul ‘Battleship,’ pada 2012 lalu, yang dibintangi Liam Neeson dan penyanyi Rihanna, dan ‘Act of of Valor,’ yang menampilkan tugas SEAL Angkatan Laut AS.

Kapal itu dinamai Bonhomme Richard  untuk menghormati Benjamin Franklin, salah satu pendiri Amerika dan penulis ‘Richard Richard Almanack’ memiliki nama samaran Poor Richard atau Richard Saunders. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA