Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menang Pilpres Polandia, Andrzej Duda Lanjutkan Periode Kedua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 13 Juli 2020, 17:15 WIB
Menang Pilpres Polandia, Andrzej Duda Lanjutkan Periode Kedua
Presiden Polandia, Andrzej Duda/Net
rmol news logo Pemilihan presiden Polandia sudah dipastikan akan dimenangkan oleh petahana, Presiden Andrzej Duda. Terlihat dari perhitungan suara kumulatif dari lebih dari 99 persen tempat pemungutan suara (TPS).

Pehitungan suara sementara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Nasional pada Senin (13/7) menunjukkan, Duda dari Partai Hukum dan Keadilan (PiS) mendapat 51,21 persen suara. Sementara penantangnya, Rafal Trzaskowski dari Civic Platform (PO) mendapat 48.79 persen suara.

Selisih antara keduanya mencapai sekitar 500.000 suara. Sehingga sisa suara yang belum terhitung tidak mungkin mempengaruhi hasil akhir.

"Saya tidak ingin berbicara atas nama staf kampanye, tetapi saya pikir perbedaan ini cukup besar sehingga kami harus menerima hasilnya," ujar mantan ketua kelompok dan anggota PO, Grzegorz Schetyna seperti dikutip Hurriyet Daily News.

Dari laporan komisi, jumlah partisipan pemilu kali ini mencapai 68,12 persen dari populasi.

Komisi sendiri belum yakin kapan bisa mengumumkan hasil akhir karena beberapa TPS, termasuk di luar negeri, belum menyerahkan perhitungan suara mereka secara resmi.

Seiring dengan itu, pihak oposisi sebelumnya mengaku memiliki informasi mengenai penyelewengan suara karena hasil pemilu sangat berbeda dengan jajak pendapat.

"Kami sedang mengumpulkan informasi dan sinyal tentang penyimpangan suara dan berbicara tentang jajak pendapat, kami tidak memiliki gambaran lengkap tentang situasi ini," ungkap anggota PO, Tomasz Siemoniak.

Meski begitu, pihak PiS enggan menanggapi hal tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA