Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

10 Tentara Nigeria Tewas Dalam Dua Serangan Oleh Pasukan Jihadis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Juli 2020, 09:05 WIB
10 Tentara Nigeria Tewas Dalam Dua Serangan Oleh Pasukan Jihadis
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebanyak 10 tentara tewas akibat serangan milisi jihadis di Nigeria timur. Insiden itu memperpanjang insiden mematikan yang melibatkan tentara pemerintah dan pemberontak.

Penyerangan pertama terjadi di dekat Desa Kumulla, 40 kilometer barat daya ibu kota negara bagian Maiduguri, pada Senin (13/7) waktu setempat. Milisi jihadis menembaki pasukan militer Nigeria dengan tembakan yang mengakibatkan delapan tentara meninggal dunia di tempat.

Beberapa jam berselang, dua tentara gugur dalam baku tembak antara petugas patroli militer dengan pemberontak lokal di Dese Kolore, sekitar 50 kilometer ke arah barat dari kota Maiduguri, dikutip dari AFP, Selasa (14/7).

Dua serangan terhadap militer Nigeria terbaru hanya berselang sepekan setelah 35 tentara gugur dalam pertempuran dengan kelompok pemberontak yang diklaim bagian dari ISIS di dekat Kumulla.

Militer mengidentifikasi kelompok milisi penyerang sebagai Negara Islam Afrika Barat (ISWAP). Milisi ini adalah pecahan dari kelompok pemberontak Boko Haram sejak 2016 yang sampai saat ini ditakuti masyarakat Nigeria.

ISWAP menargetkan sebagian besar serangannya kepada militer. Namun pada perjalanannya, mereka juga menyerang dan merampok warga sipil.

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir militer Nigeria menghadapi gerakan pemberontak yang telah menewaskan lebih dari 36.000 orang baik dari militer maupun warga sipil serta membuat dua juta orang kehilangan tempat tinggal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA