Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turki: Hagia Sophia Akan Terus Terbuka Dikunjungi Siapa Pun Dengan Status Barunya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 14 Juli 2020, 14:58 WIB
Turki: Hagia Sophia Akan Terus Terbuka Dikunjungi Siapa Pun Dengan Status Barunya
Hagia Sophia/Net
rmol news logo Hagia Sophia masih terbuka untuk dikunjungi siapa pun, terlepas dari agamanya, meski pemerintah Turki sudah mengalihfungsikan situs bersejarah tersebut menjadi masjid.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Turki pada Selasa (14/7), sebagai tanggapan atas kritikan dunia internasional terhadap konversi Hagia Sophia.

Pernyataan kementerian tersebut muncul sehari setelah Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa melakukan pertemuan di Brussels pada Senin (13/7). Pertemuan tersebut membahas persoalan mengenai Turki dan isu internasional lain, termasuk Covid-19.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Turki, Hami Aksoy menegaskan, status Hagia Sophia merupakan hak kedaulatan, urusan internal Turki dan tidak bisa diganggu.

Meski situs bersejarah tersebut sudah dialihkan menjadi masjid, ia mengatakan, siapapun bisa mengunjungi dan melestarikan warisan budaya Hagia Sophia.

"Hagia Sophia akan terus merangkul semua orang dengan status barunya, melestarikan warisan budaya bersama umat manusia," jelas Aksoy seperti dikutip Anadolu Agency.

Selain persoalan mengenai Hagia Sophia, UE juga membahas mengenai sikap Turki terhadap Mediterania Timur dan Libya.

Menanggapi hal tersebut, Aksoy mengatakan, Turki siap membangun mekanisme kerja sama terkait pembagian sumber daya hidrokarbon di Siprus.

Ia juga menekankan, Turki telah secara konsisten mendukung dan berkontribusi pada semua upaya internasional untuk menghidupkan kembali proses politik yang dipimpin oleh rakyat Libya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA