Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Covid-19 Meledak, Selandia Baru Harus Siapkan Strategi Eliminasi Virus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 Juli 2020, 09:37 WIB
Covid-19 Meledak, Selandia Baru Harus Siapkan Strategi Eliminasi Virus
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Selandia Baru tidak boleh bersantai. Sebaliknya, Negeri Kiwi tersebut harus menyiapkan strategi pencegahan dan mitigasi jika menemukan transimisi lokal.

Demikian peringatan yang disampaikan oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern kepada wartawan di Wellington pada Rabu (15/7).

Ardern mengatakan, saat ini pandemik Covid-19 tengah"meledak" di luar Selandia Baru. Negara-negara yang dianggap berhasil menangani wabah dan menjadi role model pun justru mengalami penyebaran infeksi di komunitas.

Untuk itu, pemerintah harus merilis kerangka kerja baru apabila menemukan kasus penularan di maryarakat, dengan eleminasi menjadi strategi utamanya.

"Tidak ada sistem yang 100 persen terbukti berhasil dan di seluruh dunia, kita melihat bahkan langkah-langkah paling keras sedang diuji oleh virus," terangnya seperti dikutip CNA.

Selandia Baru sendiri sudah menyatakan berhasil menangani pandemik Covid-19 dengan menyatakan nol kasus. Itu hanya dua minggu sebelum kasus impor baru muncul dan memicu kekhawatiran akan adanya gelombang kedua infeksi.

Hingga saat ini, Selandia Baru sudah mencatatkan hampir 1.200 kasus Covid-19 dengan 22 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA