Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Proyeksi IHME: Pada Tahun 2100, Ekonomi Indonesia Jadi Terbesar Ke-12

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 Juli 2020, 11:02 WIB
Proyeksi IHME: Pada Tahun 2100, Ekonomi Indonesia Jadi Terbesar Ke-12
Ilustrasi/Net
rmol news logo Penelitian yang dilakukan oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari Universitas Washington memproyeksikan akan terjadi pergeseran kekuatan ekonomi dunia pada 2100. Di mana Indonesia diperkirakan akan menjadi ekonomi terbesar ke-12.

Penelitian yang dirilis The Lancet dan dikutip CNA pada Rabu (15/7) menunjukkan, produk domestik bruto (PDB) China diproyeksikan akan menyusul Amerika Serikat (AS). Namun posisi China akan kembali ke nomor 2 pada 2100.

Pada saat yang sama, PDB India akan naik dan berada di urutan ke-3. Sementara Jepang, Jerman, Prancis, dan Inggris masih akan tetap berada di 10 ekonomi terbesar dunia.

Brasil yang saat ini berada di posisi ke-13 akan masuk ke 10 besar. Bersama dengan Nigeria yang saat ini berada di posisi ke-28.

Rusia akan keluar dari 10 besar, dari posisi ke-10 menjadi ke-14. Italia dan Spanyol juga akan keluar dari 20 besar, masing-masing diperkirakan berada di posisi ke-25 dan ke-28.

"Pada akhir abad ini, dunia akan menjadi multipolar, dengan India, Nigeria, China, dan Amerika Serikat sebagai kekuatan dominan," ujar editor The Lancet, Richard Horton. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA